ArtikelHeadlineInternasionalLiterasiNasionalSeni & BudayaSerba-serbiSuperliga

Makna dan Kumpulan Ucapan Hari Raya Galungan

Berikut ini makna dan kumpulan ucapan Selamat Hari Raya Galungan.

triggernetmedia.com – Pada Rabu (16/9/2020), seluruh umat Hindu merayakan Hari Suci Galungan yang merupakan hari kemenangan kebaikan atas kejahatan. Perayaan tersebut juga dibarengi dengan mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan.

Umat Hindu akan pergi untuk bersembahyang ke pura di desa masing-masing di pagi hari. Kemudian akan dilanjutkan ke pura keluarga hingga pura gabungan keluarga.

Tahukah Anda, bahwa memberikan ucapan Selamat Hari Raya Galungan sebaiknya tidak sembarangan? Karena ada makna yang perlu dipahami pada ucapan Hari Raya Galungan yang disampaikan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Makna Ucapan Hari Raya Galungan

Menurut Guru Besar Ilmu Pariwisata Universitas Udayana Bali, I Gede Pitana, pengucapan yang lebih tepat adalah Selamat Hari Suci Galungan, bukan hari raya. Sebaiknya tidak sembarang mengucapkan, karena ada makna yang tersimpan di dalam ucapan Selamat Hari Suci Galungan.

I Gede Pitana menjelaskan, bahwa makna dari pengucapan tersebut adalah untuk mendoakan antar sesama agar mendapat perlindungan dari Tuhan dan para leluhur. Penambahan kata para leluhur dalam pengucapan selamat tersebut juga merupakan filosofi dari umat Hindu yang sangat meyakini bahwa leluhur sebagai jembatan antara manusia dengan Tuhan.

Kumpulan Ucapan Hari Raya Galungan

Berikut ini kumpulan ucapan Hari Raya Galungan 2020 yang cocok dibagikan kepada saudara, sahabat, dan kerabat dekat lainnya yang merayakan Galungan.

  • Rahajeng nyanggra rahina jagat Galungan semeton titiang semuanya. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi ngicenin kerahayuan. (Selamat menyambut hari raya alam semesta Galungan kerabat saya semuanya. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan).
  • Marep ring semeton Bali sami sane magenah ring Indonesia yadiapin di luar negeri. Rahajeng rahina Galungan. (Kepada kerabat Bali semua yang tinggal di Indonesia dan juga di luar negeri. Selamat Hari Raya Galungan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan).
  • Ngelawar bangkung di Ceningan, Rahajeng Galungan. Baju baru lengan dawa, semoga setata sehat lan bagia. Banten saeban di pura, nenten wenten malih sinampure. (Ngelawar babi di Ceningan. Selamat Galungan. Baju baru lengan panjang, semoga tetap sehat dan bahagia. Banten saeban di pura, tidak ada lagi permohonan maaf).
  • Selamat merayakan Hari Suci Galungan, semoga Dharma menang atas Adharma.
  • Selamat merayakan Hari Suci Galungan, semoga Tuhan dan Para Leluhur selalu memberikan anugerah kepada kita semua.
  • Selamat Hari Suci Galungan, semoga makna kemenangan Dharma atas Adharma dapat kita implementasikan di dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa ucapan Hari Raya Galungan yang bisa Anda pakai.

Sumber : Suara.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close