HeadlineInternasionalMetropolitanNasionalNewsSospolhukam

Majalah Tempo Dianugerahi Udin Award dalam HUT ke-26 AJI

Majalah Tempo mendapatkan penganuegerahan Udin Award dalam perayaan hari ulang tahun Aliansi Jurnalis Independe (AJI).

triggernetmedia.com – Majalah Tempo mendapatkan penganuegerahan Udin Award dalam perayaan hari ulang tahun Aliansi Jurnalis Independe (AJI).

Penghargaan itu disampaikan dalam resepsi HUT AJI ke-26 yang digelar secara virtual, Jumat (7/8/2020) malam.

Pemilihan pemenang Udin Award kali ini dilakukan oleh tiga dewan juri, yakni Sasmito Madrim dari AJI Indonesia, Fatia Maulidiyanti Koordinator KontraS dan Angela Flassy selaku Pimpinan Redaksi Koran Harian Jubi dan Tabloidjubi.com.

Majalah Tempo menang setelah menyisihkan empat nominasi lainnya, di antaranya Tabloid Jubi, jurnalis Banjarhits.id Diananta Putra Sumedi, jurnalis Kompas.com Nibras Nada Nailufar, dan tim Wamena investigation; What the government is not telling us.

Dewan juri dari Koordinator KontraS, Fatia Maulidiyanti mengatakan ada enam indikator dalam menentukan pemenang anugerah Udin Award.

Yang pertama integritas, profesiomalisme pers, konsistensi dalam pemberitaan, dampak dari pemberitaan, upaya penegakan pers dan hak publik serta prestasi kerja.

“Lima nominator ini bisa menjadi simbol bagaimana kekerasan dan intimidasi yang dialami oleh pers dan masih terjadi hingga saat ini. Tak hanya wartawan Udin (wartawan Bernas dibunuh karena berita), tapi masih banyak terjadi kekerasan terhadap jurnalis atas kesewenang-wenangan oleh negara,” kata Fatia.

“Harapan kami yang dialami nominator dan pemenang Udin Award menjadi pelajaran bagi kita semua bagaimana hak keterbukaan informasi dan transparasi oleh negara,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pemred Majalah Tempo Wahyu Dhyatmika menyampaikan terimakasih atas anugerah Udin Award dari AJI tersebut.

“Terimakasih, saya mewakili Tempo mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya kepada nominator yang lain. Saya pikir apa yang kami lalui, apa yang kami rasakan juga dirasakan oleh teman-teman wartawan di seluruh Indonesia. Penghargaan sebesar-bearnya untuk AJI yang bekerja keras menjaga kebebasan pers,” ujarnya.

Sumber : Suara.com

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close