HeadlineKesraKhatulistiwaKilas KalbarNasionalNewsSospolhukam

Legislator Kalbar Usulkan ADD Kembali Dianggarkan Dalam APBN

"Kalau bisa dana desa pada tahun 2020 yang sudah dipotong, supaya dianggarkan kembali pada tahun 2021, karena kita semua tahu bahwa di daerah-daerah itu ketergantungan terhadap pemerintah pusat sangat tinggi, terutama soal DAK (Dana Alokasi Fisik). Karena usulan tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat," tandas Cornelis.

triggernetmedia.com – Anggota Komisi II DPR RI yang juga Anggota Badan Anggaran DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Cornelis, mengatakan telah menghadiri rapat panja badan anggaran yang dilakukan secara virtual dengan agenda Pembahasan Transfer ke daerah dan dana desa RUU APBN 2021 Senin, (14/9/2020).

“Sebelumnya, sebagaimana kita tahu bahwa Pemerintah Pada bulan Mei tahun 2020 telah menyesuaikan alokasi TKDD atau transfer ke daerah dan dana desa melalui Peraturan Perpres Nomor 54 Tahun 2020 tentang Perubahan Postur Dan Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran (APBN) 2020,” katanya Selasa (15/9/2020) di Pontianak.

“Penyesuaian alokasi tersebut dalam artian adanya dana yang dikurangi dari TKDD, yang pada dasarnya kembali untuk masyarakat di daerah melalui bantuan sosial (bansos), insentif UMKM dan lain sebagainya,” jelasnya lagi.

Cornelis menyebut, dirinya mengusulkan menyangkut anggaran Dana Alokai Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Desa yang sudah dipotong di bulan Mei tahun 2020 supaya dianggarkan Kembali, karena didaerah sangat memerlukan dana alokasi yang dipotong tersebut, Karena daerah itu miliknya pusat, dan pusat itu miliknya daerah.

“Kalau bisa dana desa pada tahun 2020 yang sudah dipotong, supaya dianggarkan kembali pada tahun 2021, karena kita semua tahu bahwa di daerah-daerah itu ketergantungan terhadap pemerintah pusat sangat tinggi, terutama soal DAK (Dana Alokasi Fisik). Karena usulan tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat,” tandas Cornelis.

Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close