HeadlineKilas KalbarNewsSingBeBasSospolhukam

Lapas Klas IIB Singkawang Hadirkan Layanan Jemput Barang

"Program Sisjempas atau sistem jemput pemasyarakatan yaitu sistem jemput barang ke Lapas dalam mendukung pencegahan Covid-19 secara fisik," jelas Kepala Lapas Klas II B Singkawang, Febie Dwi Hartanto, Rabu (2/9/2020).

triggernetmedia.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Singkawang melaunching program Sistem Jemput (Sisjempas) titipan bagi warga binaan dari pihak keluarga di Halaman Lapas Klas IIB Singkawang.

“Program Sisjempas atau sistem jemput pemasyarakatan yaitu sistem jemput barang ke Lapas dalam mendukung pencegahan Covid-19 secara fisik,” jelas Kepala Lapas Klas IIB Singkawang, Febie Dwi Hartanto, Rabu (2/9/2020).

Petugas Sisjempas Lapas Klas II Singkawang dalam perjalanan tengah melaksanakan tugas mereka dilapangan, Rabu (2/9/2020).

Dengan adanya program Sisjempas, kata Febie, maka keluarga dari warga binaan tidak perlu lagu mendatangi Lapas untuk mengantarkan makanan. Namun dapat menghubungi call center Lapas Klas IIB Singkawang.

“Dan petugas khusus Lapas Singkawang akan datang langsung menjemput makanan ke kediaman keluarga warga binaan,” ujarnya.

Petugas Lapas Klas II Singkawang menjemput dan memastikan barang titipan pihak keluarga untuk warga binaan aman.

Meskipun petugas Lapas Singkawang yang mendatangi rumah keluarga binaan untuk mengambil makanan, prosedur pemeriksaan terhadap makanan atau barang tetap dilakukan baik saat dijemput hingga makanan tersebut masuk di Lapas Klas IIB Singkawang.

“Sistem jemput pemasyarakatan ini tidak untuk semua warga binaan. Kita peruntukkan bagi keluarga warga binaan yang sudah lansia, ibu menyusui atau yang rentan tertular Covid-19,” jelas Febie.

Petugas Piket di Lapas Klas II B Singkawang melakukan pengecekan barang bawaan petugas Sisjempas yang diambil dari pihak keluarga warga binaan untuk selanjutnya disampaikan kepada warga binaan yang bersangkutan.

Kasi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Kelas IIB Singkawang, Rahman Adi Ramadani menambahkan, persiapan implementasi program Sisjempas dilakukan beberapa minggu yang lalu, mulai dari persiapan personel dan lain-lain.

“Persiapan petugas memang tidak mudah untuk melaksanakan tugas ini, sehingga akhirnya dipilih lima orang petugas, dan untuk piketnya tiap dua orang dalam satu hari secara bergantian,” katanya.

Satu diantara keluarga warga binaan Lapas Klas IIB Singkawang, Nur Khoir mengapresiasi Program Sistem Jemput Pemasyarakatan (Sisjempas).

“Program ini sangat bagus, selama ini saya mengantar harus langsung namun sekarang sangat terbantu,” ucap dia.

Tim

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close