HeadlineKabar DesaKesraKetapangKilas KalbarMaritimNewsSospolhukam

Jenderal “Balik Kampong” Tanam 70 Ribu Pohon Kopi di Desa Nanjung

Dongkrak perekonomian masyarakat desa dengan tanaman kopi Liberika.

triggernetmedia.com – Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Ronny melakukan penanaman pohon kopi jenis Liberika di Desa Sei Nanjung, Kecamayan matan Hilir Selatan (MHS), Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Seperti diketahui, Desa Sei Nanjung tak lain merupakan tempat kelahiran Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Ronny.

Menurut Danrem, dalam penanaman pohon ini sedikitnya ada 70 ribu tanaman jenin kopi Liberika. Sekaligus memecahkan Rekor Muri.

“Penanamannya kita lakukan secara serentak. Kegiatan ini tentu saja sejalan dengan program Langit Biru di Bumi Khatulistiwa,” kata Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Ronny, Minggu (16/8/2020)

Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Ronny menambahkan, guna mengurangi karhutla dan mendukung Desa Mandiri yang dicanangkan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten di Kalimantan Barat, serta mendukung Program Pangdam XII/Tanjungpura yakni Menuju Langit Biru, maka upaya yang harus dilakukan adalah dengan menanam pohon dan membuka lahan tanpa membakar.

Dirinya menambahkan, balik kampong dengan menanam 70 ribu pohon kopi merupakan momentum pencanangan Hari Kopi di Kabupaten Ketapang.

“Jadi balik kampong selain mencanangkan penanaman pohon kita juga mencanangkan hari kopi sembari minum kopi minum kopi beramai-ramai di lokasi penananman ini,” ujar sang jenderal dengan logat khas dialek melayu.

Untuk diketahui, kopi Liberika memiliki nilai ekonomi tinggi, yang harga biji mentahnya saja berkisaran hingga Rp150 ribu per kilogramnya. Dengan hasil kopi ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian petani kopi menuju kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Penanaman Kopi Liberika yang juga dilangsungkan di lokasi sekitar Padang 12, yang diawali dengan dengan offroad dan adventure motor trail. Aksi penanaman pohon serentak di Desa Sei Nanjung juga diikuti Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta. Mewakili Pemkab Ketapang, Kadis Perkim Lingkungan Hidup, Deneri.

Aksi penanaman 70 ribu kopi Liberika juga dilangsungkan di lokasi sekitar Padang 12, yang diawali dengan dengan offroad dan adventure motor trail. Minggu (16/8/2020).

Pendim 1203

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close