HeadlineKilas KalbarLandakLipsus

Sosialisasi Forum Kerukunan Umat Beragama

Heriadi : Keharmonisan dalam kehidupan berbangsa bernegara dapat terwujud dan dirasakan hanya dengan toleransi dan persatuan.

triggernetmedia.com – Pemerintah Kabupaten Landak melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik menggelar Sosialisasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Landak Tahun 2019, di aula Kantor Bupati Landak, Selasa (12/11).

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Bupati Landak Herculanus Heriadi dan menghadirkan tiga orang narasumber, yakni Sekretaris Derah Kabupaten Landak yang juga Wakil Ketua Dewan Penasehat FKUB Landak, Pengurus FKUB Kabupaten Landak dan perwakilan dari Kepolisian Resort Landak.

“Saya berterimakasih kepada masyarakat Kabupaten Landak terutama para tokoh agama dan tokoh masyarakat, bahwa berkat pemikiran dan usaha kita bersama suasana harmonis, rasa aman, tertib dan damai dalam kehidupan beragama di daerah Kabupaten Landak sampai saat ini tetap terjaga dengan baik, masing-masing umat penganut agama bisa memahami pentingnya menjaga komitmen, sinergi, keterpaduan dan saling menjaga hubungan demi terwujudnya masyarakat lebih sejahtera lahir dan batin,” kata Heriadi, Selasa (12/11).

Heriadi menegaskan, kebebasan memeluk agama merupakan kebebasan hak azasi manusia yang tidak dapat dikurangi, setiap orang bebas memeluk agama dan beribadah dijamin oleh negara, karena itu Pemerintah menjamin melindungi setiap usaha penduduk melaksanakan ajaran agama dan ibadah pemeluknya agar berlangsung rukun, lancar, aman dan tertib serta selalu harmonis.

“FKUB sebagai lembaga kerukunan umat, tantangan yang dihadapi kedepan tidaklah mudah, selain diakibatkan keberagaman presepsi dan prilaku umat juga didesak factor eksternal yang kerap kali memicu timbulnya gesekan antara elemen umat beragama yang dapat memantik peristiwa berbau SARA, untuk itu keberadaan FKUB sangat strategis untuk mengurangi dampak riak-riak disharmonis dalam kontek kehidupan berbangsa dan bernegar serta menerangkan bahwa didalam infrastruktur kelembagaan hendaknya tidak lagi dikenal asumsi mayoritas maupun minoritas, tetapi lebih kepada mendekatkan persatuan dan kesatuan atas dasar cinta kasih, sehingga keharmonisan dalam kehidupan berbangsa bernegara dapat terwujud dan dirasakan setiap saat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Landak, Sameon mengatakan bahwa peran aktif para tokoh agama,  pimpinan lembaga agama dan tokoh masyarakat di Kabupaten Landak dalam menjaga, membina dan meningkatkan keharmonisan, kenyamanan, keamanan dan toleransi kerukunan kehidupan antara umat beragama khususnya masyarakat Kabupaten Landak.

“Saya berharap tokoh agama, pimpinan lembaga agama dan tokoh masyarakat yang mengikuti sosialisasi ini mampu menjadi garda terdepan melaksanakan misi kerukunan umat beragama serta mampu membentengi dan menangkal diri dari isu-isu serta gejolak yang dapat merusak kerukunan kehidupan umat beragama demi tegaknya NKRI,” kata Sameon.

Turut hadir Sekda Landak, Perwakilan Dari Kapolres Landak, Perwakilan dari Kejari Landak, Perwakilan dari Kodim 1201/mempawah, Kepala Kementrian Agama Landak, Dewan Penasehat FKUB Kabupaten Landak serta pengurus dan anggota FKUB Kabupaten Landak.

Ariz

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button