HeadlineKilas KalbarLandakLipsus

FGD I PUPR Kabupaten Landak, Targetkan Percepatan Pencapaian Akses Sanitasi

Identifikasi dan pengolahan air limbah diperlukan agar kelangsungan hidup masyarakat di Kabupaten Landak lebih baik.

triggernetmedia.com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Landak Erani, ST., MT. menghadiri Focus Grup Discussion (FGD) I Laporan Pendahuluan Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Landak, Rabu (11/9).

“Kegiatan ini sekaligus sosialisasi dan menghimpun masukan dalam rangka mendukung percepatan pencapaian akses Sanitasi Kabupaten Landak dalam Penyusunan Rencana Induk Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Kabupaten Landak Tahun 2019,” ujarnya.

Karena itu manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tidak hanya formalitas tetapi sungguh-sungguh mendiskusikan dan memikirkannya, agar bisa menjadi kesepakatan dan komitmen bersama,” ujarnya.

Dikatakan, situasi saat ini air bersih sangat diperlukan. Bahkan pada beberapa tempat kondisi kemarau mengakibatkan masyarakat sangat kesulitan mendapatkan air bersih.

“Karena itu pengolahan air limbah diperlukan. Kita identifikasi agar bisa menjadi lebih baik,” ujar Erani menambahkan.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Landak John Elak, ST menjelaskan FGD guna merumuskan Rencana Induk penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) agar bisa lebih baik sesuai karakteristik lingkungan dan sosial ekonomi masyarakat.

“Tentu kita perlu memiliki Rencana Induk penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) supaya bisa terarah, terpadu dan sistematis sesuai dengan karakteristik lingkungan dan sosial ekonomi masyarakat serta tanggap terhadap kebutuhan pemangku kepentingan pemerintah, swasta, pelaku usaha atau masyarakat,” kata John Elak.

“Nantinya lokasi kegiatan akan dipriotaskan di 3 kawasan, yaitu kawasan perkotaan ngabang di kecamatan ngabang, kawasan perkotaan pahauman di kecamatan sengah temila dan kawasan perkotaan mandor di kecamatan mandor,” katanya lagi.

Turut hadir mengikuti FGD tersebut Camat Sompak, Camat Sengah Temila, dan Camat Ngabang.

Ariz

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button