HeadlineWorld

Demo Rusuh di Chile Masih Berlanjut, Korban Tewas Capai 19 Orang

Jaksa menyebut seorang warga negara Peru meninggal dunia saat melindungi tokonya saat insiden kerusuhan terjadi.

triggernetmedia.com – Korban jiwa akibat kericuhan di Chile dilaporkan bertambah menjadi 19 orang pada Kamis (24/10). Aksi demonstrasi di negara itu terus berlanjut, meskipun pemerintah sudah membatalkan kenaikan tarif kereta bawah tanah.

Menurut Kantor Kejaksaan Santiago, Agustin Juan Coro Conden, yang berkewarganegaraan Peru, meninggal dunia setelah seorang pria melepaskan tembakan ke segala arah untuk melindungi tokonya yang dijarah di Kota Puente Alto.

Seperti dikutip dari laman suara.com. Sebagian besar kematian disebabkan oleh kericuhan selama penjarahan pada Minggu pekan lalu.

Pekan lalu, pengunjuk rasa melompati pintu putar di stasiun metro di ibu kota tanpa membayar tiket sebagai bentuk protes atas kenaikan tarif sebesar empat persen.

Untuk mencegah eskalasi krisis, Presiden Sebastian Pinera pun membatalkan kenaikan tarif kereta, menaikkan upah minimum karyawan, dan menunda kenaikan harga listrik sampai tahun depan.

Menurut Badan Statistik Chile, setengah dari jumlah total buruh di negara itu menghasilkan USD 550 atau kurang per bulannya.

Pemerintah Chile mendeklarasikan masa darurat 15 hari pada Sabtu lalu.

Bangun Santoso

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button