HeadlineKetapangKilas KalbarNewsSospolhukam

Aparat Tertibkan Aktivitas PETI di Simpang Hulu

Barang Bukti terpaksa di rusak petugas agar tidak digunakan kembali oleh oknum pelaku PETI.

triggernetmedia.com – Jajaran Polres Ketapang bersama Polsek Simpang Hulu, Koramil Simpang Hulu dan Sat Pol PP Kecamatan Simpang Hulu melaksanakan kegiatan penertiban penambangan tanpa izin (PETI). Penertiban aktivitas PETI menyasar pada 2 lokasi, yakni di Dusun Mpasi Hilir dan Dusun Mpasi Hulu, Desa Kualan Hulu Kecamatan Simpang Hulu, Kamis (6/8/2020) sekira Pukul 08.00 wib.

Giat penertiban PETI inii dipimpin langsung Kapolsek Simpang Hulu AKP H. Topo Subroto, A.Md., dan melibatkan tim gabungan yang terdiri dari 6 personil Polsek, 3 Personil Koramil dan 4 Personil Sat Pol PP bergerak menuju lokasi yang berjarak sekitar 41 km dari Mapolsek Simpang hulu.

Meskipun medan yang ditempuh terjal dan berlumpur, kondisi tersebut tak menyurutkan tim gabungan untuk menuju lokasi PETI. Tim gabungan gigih menyisir lokasi penambangan dengan menggunakan kendaraan Roda 2.

Berselang 1,5 jam kemudian, tim gabungan penertiban PETI ini tiba di lokasi penambangan, dan menemukan 1 buah mesin dompeng dan beberapa alat selang yang sudah ditinggal pergi para pekerjanya.

Kapolsek Simpang Hulu, AKP H.Topo menyatakan, barang bukti berupa 1 buah kapal dan 1 buah mesin dompeng tidak dapat diamankan ke Mapolsek Simpang Hulu dikarenakan akses jalan yang tidak memungkinkan untuk membawa barang bukti sehingga dilakukan pengrusakan barang bukti di lokasi agar tidak dapat lagi digunakan oknum pekerja tambang untuk kembali melakukan PETI di lokasi tersebut.

“Kita lakukan pengrusakan alat mesin dompeng dengan cara di pukul menggunakan palu godam dan diputus selang mesinnya sehingga dipastikan mesin dan kapal tersebut tidak bisa lagi di operasikan, ini kita lakukan dengan dasar pertimbangan bahwa tidak mungkin barang bukti digeser ke Mapolsek dikarenakan akses jalan yang sangat sulit dan jarak yang sangat jauh,” jelas Kapolsek Simpang Hulu AKP H. Topo Subroto.

Kegiatan penertiban aktovitas PETI ini akan terus dilakukan guna memberantas segala bentuk penambangan emas tanpa izin di wilayah Simpang Hulu.

“Sesuai perintah dari Bapak kapolres Ketapang bahwa seluruh wilayah Kabupaten ketapang khususnya Kecamatan Simpang Hulu harus zero penambangan emas tanpa izin,” tutup Kapolsek Simpang Hulu AKP H. Topo Subroto.

Jhon I Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close