HeadlineKilas KalbarLandakLipsusVideo

Antisipasi Kecelakaan, Pemkab Landak Tes Urine Para Supir Bus

Karolin apresiasi sinergi pengamanan Natal dan Tahun Baru.

triggernetmedia.com – Pemerintah Kabupaten Landak melakukan tes urine dan pemeriksaan kesehatan terhadap para sopir bus antar kota di Terminal Ngabang, pada Senin (23/12).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kondisi pengemudi yang kurang sehat maupun di bawah pengaruh obat-obatan terlarang atau narkotika.

Kegiatan dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) bekerjasama dengan Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Landak serta tim medis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Landak tersebut berjalan aman dan lancar.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Jaya Saputra, dari 10 sopir yang diperiksa oleh petugas medis RSUD Landak, semua sopir dipastikan dalam keadaan sehat.

“Kegiatan ini kita laksanakan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan untuk angkutan penumpang jenis bus dan hasil yang kita dapat dari pemeriksaan secara acak tersebut hasilnya negatif,” ujarnya.

Jaya menjelaskan, selain faktor kesalahan manusia, kecelakaan jugs dapat terjadi akibat kondisi kendaraan yang tidak laik jalan.

Pihaknya mengimbau para pengendara mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan Marka jalan, serta tertib berkendara. Sebab, arus mudik Natal dan Tahun Baru diperkirakan cukup ramai.

“Kecelakaan itu dapat terjadi kapan saja, dimana saja yang penyebabnya bermacam-macam selain faktor kelalaian manusianya juga kondisi kendaraan harus dipersiapkan secara khusus apalagi menjelang hari raya begini pastinya banyak penumpang oleh sebab itu perlu kami sarankan selain berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalin, pengendara diharapkan juga memeriksa kendaraanya” imbaunya.

Jaya mengatakan, peningkatan arus lalu lintas pada musim mudik Natal dan jelang Tahun Baru belum terlihat signifikan. Pihaknya tetap berusaha meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Para supir juga diimbau untuk menjauhi obat-obatan terlarang.

“Apabila sopir yang bersangkutan menggunakan obat-obatan terlarang akan dilakukan penindakan, dan apabila kondisi kesehatannya tidak baik maka sebaiknya istirahat. Karena jika dipaksakan maka akan membahayakan para penumpang dan juga sopir bus itu sendiri,” katanya.

Sementara itu, Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Dishub Landak. Hal tersebut guna mendukung kelancaraan arus mudik Natal dan Tahun Baru.

“Tentunya kita tidak menginginkan kecelakaan tetapi hal tersebut bisa terjadi akibat bermacam faktor salah satunya kesalahan orangnya yang membawa kendaraan dalam kondisi kesehatan yang tidak baik apalagi dalam pengaruh alkohol dan juga narkotika,” ujar Karolin.

“Oleh sebab itu apa yang telah dilakukan Dishub, Polres dan RSUD Landak pada hari ini perlu kita dukung bersama untuk menciptakan lancarnya arus mudik menjelang Natal dan Tahun Baru,” ujar Karolin menambahkan.

Dari pantauan triggernetmedia.com saat ini peningkatan arus lalu lintas hanya terjadi dalam wilayah Pasar Ngabang. hal ini terjadi akibat banyaknya masyarakat menggunakan roda dua yang berbelanja dalam rangka persiapan hari raya Natal dan Tahun Baru.

Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close