HeadlineKekinianLifestyleMilenialNasionalSeni & BudayaSerba-serbiTop Trending

Angkat Keindahan Indonesia, Sekuel Novel 5 cm Terbit di Hari Kemerdekaan

Setelah 15 tahun berlalu, kini Donny kembali merilis sekuel novel 5 cm dengan judul 5 cm: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang.

triggernetmedia.com – Novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro yang terbit pada 2005 lalu menjadi salah satu novel hits di Tanah Air. Difilmkan pada 2012, novel tersebut kini telah memasuki cetak ulang yang ke 27 kali.

Setelah 15 tahun berlalu, kini Donny kembali merilis sekuel novel 5 cm dengan judul ‘5 cm: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang’.

Lewat novel ini, Donny ingin berbicara tentang persahabatan dan harapan hidup.

“Novel ini menceritakan tentang bagaimana mereka menghadapi quarter-life crisis. Setelah lulus kuliah, kita dihadapkan dengan berbagai pilihan hidup. Di sini saya mencoba menjabarkan itu semua dalam suatu bentuk cerita. Bukan sebagai analisa perilaku, tapi tentang bagaimana mereka menghadapi berbagai masalah dan bagaimana menyikapinya,” ujar Donny melalui siaran pers yang diterina Suara.com.

Cerita sendiri dimulai dari kepulangan Genta, Ian, Zafran, Arial, dan Riani dari puncak Gunung Mahameru.

Keseruan kelima tokoh di dalamnya terulang saat mereka kembali melakukan perjalanan bersama di bulan Agustus, bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia.

Kali ini, mereka memulai perjalanan menuju salah satu destinasi terindah di Indonesia yaitu Nusa Tenggara Barat (NTB).

Donny menghadirkan tempat-tempat indah dan tersembunyi yang ada di NTB untuk dapat menjadi inspirasi pembaca dalam melakukan perjalanan.

“Di ‘5 cm’ yang pertama, banyak pembaca yang melakukan traveling ke Mahameru sesuai dengan cerita di dalam bukunya. Kali ini lebih panjang perjalanannya, mudah-mudahan diikuti kembali sama teman-teman seperti yang pertama kemarin,” kata Donny.

Dijabarkan, Donny sampai harus melakukan overland trip 2 kali untuk dapat menulis karya secara lebih detail.

Ia pun mengaku sempat merasakan beban tersendiri saat menulis sekuel novel tersebut.

“Secara manusiawi ada takutnya untuk mengeluarkan sekuel dari novel yang sampai belasan tahun masih ada dan masih dicetak ulang. Tapi, saat menjalaninya, saya mendapat inspirasi bahwa tempat dan masyarakat seindah ini harus diceritakan. Supaya kita tahu bahwa Indonesia itu luas dan penuh dengan keindahan yang tidak disangka. Jangan sampai tempat yang indah seperti ini kita ketahui dari film luar negeri,” tutup Donny.

Novel ‘5 cm: Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang’ diterbitkan oleh Grasindo dengan 498 halaman dan tersedia di Gramedia seluruh Indonesia mulai 17 Agustus 2020 ini.

Sumber : Suara.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close