ArtikelComunityHeadlineLifestylePendidikanPsikologi & TipsSerba-serbi

Anak Bereksplorasi, Orangtua Wajib Menemani

Di masa pandemi, anak lebih banyak melakukan eksplorasi di dalam rumah, sehingga orangtua perlu menemani.

triggernetmedia.com – Orangtua wajib menemani anak dalam masa eksplorasi. Hal ini tidak boleh dilewatkan, khususnya di tengah masa pandemi seperti saat ini, ketika anak bereksplorasi lebih banyak di dalam rumah.

Selain membuat anak lebih bahagia, peran orangtua dalam masa eksplorasi, kata Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, bisa membuat orangtua lebih memahami kebutuhan anak untuk mendukung tumbuh kembangnya sesuai dengan usia.

“Dalam menemani anak bereksplorasi dan berekspresi, orangtua harus memahami apa saja yang terjadi di tiap tahapan tumbuh kembang anak. Orangtua juga harus mempelajari mengenai apakah materi bermain dan stimulasi yang harus dipersiapkan,” jelasnya dalam konferensi pers virtual bersama Cussons, Jumat (9/10/2020).

Dengan hal ini, lanjut Vera, orangtua akan lebih konsisten dalam mendampingi proses tumbuh kembang anak-anak mereka, dan bonding di antara keduanya pun akan semakin baik.

Baca Juga:Kak Seto Minta Orangtua Tak Saklek Tuntut Prestasi Akademik Pada Anak

Selain itu, Vera mengatakan jika orangtua juga harus aktif untuk mengakses pengetahuan mengenai hal ini, terlebih akses sudah sangat terbuka luas.

Salah satu yang bisa dilakukan orangtua adalah dengan mengikutkan anak ke perlombaan, sesuai dengan usianya. Misal ajang Cussons Bintang Kecil (CBK), yang dapat memberikan ruang gerak anak untuk bereksplorasi sambil terus didampingi oleh orangtua mereka.

Gelaran ke-9 dengan tema “Eksplorasi Dunianya” ini terdiri atas tiga kategori yang sangat sesuai dengan masing-masing kelompok usia anak, yaitu Baby Category (0-<2 tahun), Toddler Category (2-4 tahun), dan Kids Category (4-8 tahun).

Peserta dapat mendaftarkan diri dengan masuk ke situs www.cbk9.co.id serta mengisi data diri mereka secara lengkap. Setelah itu peserta yang sudah terdaftar dapat langsung mengunggah berbagai foto atau video unik saat si kecil aktif bereksplorasi.

Dengan mengajak orangtua mengabadikan momen berharga tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya, Cussons mempersembahkan total hadiah senilai Rp1 miliar untuk periode 9 Oktober 2020 hingga 9 Januari 2021.

Baca Juga:Orangtua, Begini Cara Bikin Sekolah dari Rumah Lebih Menyenangkan!

“Tahun ini keseluruhan Cussons Bintang Kecil digelar secara virtual, walaupun begitu diharapkan hal ini akan mampu menjangkau lebih banyak orangtua dan anak di berbagai wilayah Indonesia,” kata Alifa Nisfiyani, Sr. Brand Manager Cussons Baby.

SUmber : Suara.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close