HeadlineKilas KalbarLandakLipsus

Akhirnya Masyarakat Desa Sempatung Miliki Energi Listrik dari PLMTH

Karolin apresiasi jajaran dan masyarakatnya dalam mendukung terlaksananya inovasi pembangunan, seperti Desa Sempatung saat ini.

triggernetmedia.com – Masyarakat Dusun Kuang di Desa Sempatung, Kecamatan Air Besar di penghujung akhir tahun ini mendapatkan kado terbaik. Sebab, dipenghujung tahun ini kini telah dioperasionalkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), dan peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2019 lalu oleh Pemkab Landak yang diwakili Camat Air Besar, Heri Sarkinom.

Atas nama masyarakatnya, Kepala Desa (Kades) Sempatung, Timotius mengapresiasi kepada semua pihak, khususnya Pemerintah Kabupaten Landak yang telah mendukung pembangunan PLTMH menggunakan dana desa sebesar Rp375.639.000 tahun anggaran 2019.

Timotius mengatakan pembangkit listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 50KW dan kini dapat menerangi RT 5, Dusun Kuang yang berada di Desa Sempatung itu.

“Kami berterima kasih kepada Pemkab Landak yang telah mendukung pembangunan PLTMH di Dusun Kuang. Kami berharap dengan adanya listrik tersebut masyarakat juga ikut merasakan kemerdekaan yang sebagaimana mestinya warga inginkan. Selain itu, kami juga berharap listrik yang telah diresmikan ini mampu mencukupi pasokan listrik bagi masyarakat sekitarnya,” kata Timotius, Sabtu (14/12).

Sementara itu, Camat Air Besar, Heri Sarkinom menyatakan dengan diresmikannya PLTMH Dusun Kuang baru-baru ini, pihaknya mendorong dan mendukung desa Sempatung untuk dapat berjalan mendukung kelangsungan pembangunan infrastruktur untuk kemajuan sekarang dan yang akan datang sebagaimana dicanangkan Pemkab Landak saat ini.

“Wilayah kita ini (Air Besar) merupakan daerah yang paling banyak memiliki air terjun, semua ini berpotensi untuk mendukung pembangunan,” ungkap Heri.

Dirinya menambahkan, dengan memanfaatkan potensi air terjun tersebut, setidaknya akan menghasilkan listrik sendiri.

“Desa Dange Aji misalnya, desa tersebut kini sudah dioroperasionalkan pembangkit listriknya sekitar beberapa bulan yang lalu, dan kini Dusun Kuang juga sudah memiliki listrik sendiri, tentunya ini kita dukung mengingat ini akan menjadi tolok ukur dalam kemajuan desa,” ujar Heri.

Sementara itu, Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa mengaku puas dengan inovasi jajaran dan masyarakatnya. Karena kini, setidaknya Dusun Kuang sudah mampu memiliki listrik sendiri dengan memanfaatkan tenaga air diwilayahnya.

Karolin juga berharap kelak desa lain yang berpotensi dapat mencontoh pembangunan tersebut dapat melakukan hal yang sama guna kemajuan wilayah setempat khususnya, dan Kabupaten Landak pada umumnya.

“PLTMH yang telah beroperasi didusun Kuang ini tentunya berkat komitmen bersama warga setempat. Dengan bekerjasama akhirnya impian tersebut dapat terwujud,” kata Karolin.

“Selaku pihak pemerintah tentunya kita tidak boleh berdiam diri karena pembangunan untuk kemajuan daerah adalah tanggungjawab kita bersama,” ujar Karolin menambahkan.

Lebih lanjut Karolin menambahkan, selain mendukung dalam pembangunan, dirinya  juga sangat mengapresiasi masyarakat Dusun Kuang yang telah berjuang keras dalam memiliki listrik sendiri.

“Kedepannya kita berharap apa yang telah dibangun tersebut dapat dijaga dengan baik, dan untuk desa atau wilayah yang memiliki potensi dapat juga mencontohnya guna menunjang pembangunan desa di Kabupaten Landak,” katanya.

Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close