banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Peresmian Kampung Tangguh Jagoi Babang

Plh Bupati Bengkayang, Obaja Kampung Tangguh di Dusun Belidak, Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Selasa (14/7/2020)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Usai meresmikan Kampung Tangguh di Dusun Belidak, Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Selasa (14/7/2020), Pelaksana Harian (Plh) bupati Bengkayang, Obaja meminta setiap unsur pemerintah dan Forkopimda harus sinergi dalam menjalankan program pemerintah supaya tujuan utama memakmurkan masyarakat dapat tercapai.

“Kriteria Kampung Tangguh sudah baik, namun perlu ditingkatkan semua kriteria tersebut dan untuk pembangunan fisik agar disinergikan bersama. Setelah kampung tangguh sudah maksimal, maka akan ditingkatkan menjadi Kecamatan Tangguh dan seterusnya”, kata Obaja, Kamis (16/7/2020).

Obaja mengaskan, di tahun 2020 ibu kota kecamatan harus menjadi pusat informasi atau pusat data kecamatan, siapapun boleh menggunakannya, sehingga pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat dapat dengan mudah mendapatkan informasi ke setiap kecamatan sampai di tingkat desa.

“Desa dengan mudah dapat merecord kegiatan di desa, sehingga pihak-pihak manapun dapat data di desa tersebut. Terakhir, menetapkan target bersama-sama, tadi saya dengar ke Sentabeng tidak ada jalan dan listrik, jalan non Status, air bersih serahkan ke desa mengurus desa, kepala desa segera berkirim surat ke plh Bupati untuk kepemilikan aset poskesdes di desa Sekida,” ujarnya.

Setiap Bumdes yang ada di kabupaten Bengkayang untuk lebih kreatif dan berinovasi.

Untuk kepala desa lain juga diminta mengikuti cara-cara desa Sekida, supaya menjadi pilot projek, agar kedepan bukan hanya desa Sekecamatan Jagoi Babang yang tangguh, namun juga diikuti desa-desa lain.

“Saya ingatkan kepada seluruh kepala desa, baik di kecamatan Jagoi Babang atau seluruh kepala desa se-kabupaten Bengkayang mulai tahun depan agar tanah masyarakat agar di buatkan surat-suratnya.

Ini perintah presiden Jokowi, agar nilai tanah tersebut dapat bertambah. Saya minta kepada kepala desa supaya dibuatkan SK kepala Desa saja,” tegas Obaja.

Sementara itu,

Kapolres Bengkayang AKBP NB. Darma menyatakan, Kampung Tangguh berawal dari daerah jawa. Berdasarkan kajian oleh peneliti terkait, hasilnya positif sehingga secara serentak Kapolri Launcing Kampung tangguh pada hari senin 6 Juli 2020.

“Di Polda Kalbar, seluruh Polres menentukan 1 Polsek sebagai pilot project untuk membentuk Kampung Tangguh Covid-19,” ucap Kapolres.

Terkait tujuan di dirikannya Kampung Tangguh, Kapolres Bengkayang mengatakan bahwa tujuan adalah untuk antisipasi penyebaran Covid-19 agar masyarakat berperan serta untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kedepan, setiap desa akan membentuk Kampung Tangguh, bersinergi dengan program pemerintah,” tutur Kapolres.

Sujianto selaku Kepala Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang, mengapresiasi perhatian Forkopimda Kabupaten Bengkayang dan Forkopimcam Kecamatan Jagoi Babang, khususnya Polsek Jagoi Babang dan jajaran karena telah mendukung terwujudnya kampung tangguh Dusun Belida, Desa Sekida.

“Kampung tangguh merupakan langkah sistemik dalam melawan pandemi Covid-19 yang bertumpu sepenuhnya pada gotong royong masyarakat terendah ditingkat Dusun atau kampung,” kata Sujianto.

Doe I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *