banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Mengintip Isi Rumah Komikus Jepang di Tokiwaso Manga Museum

Tokiwaso Manga Museum (https://tokiwasomm.jp/en/)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Jepang baru saja meresmikan Tokiwaso Manga Museum yang terletak di kawasan Toshima, Selasa (7/7/2020). Museum ini mereplikasi bangunan apartemen Tokyo yang menjadi kediaman para komikus terkenal di Jepang.

Bangunan apartemen aslinya sendiri telah dibongkar 38 tahun lalu, tepatnya tahun 1982. Dilansir dari Kyodo, beberapa seniman diketahui tinggal di apartemen yang aslinya terbuat dari kayu ini, di antaranya Osamu Tezuka pencipta komik Astro Boy dan Fujiko F. Fujio pembuat komik Doraemon yang menetap di sana pada 1950-an dan 1960-an.

Tokiwaso Manga Museum sendiri menampilkan replika ruangan dan interior dari apartemen dua lantai tersebut.

Di lantai pertama, pengunjung bisa melihat hasil karya para seniman yang pernah jadi penghuni Tokiwaso, majalah komik lawas, dan tandatangan lebih dari 100 komikus. Sementara lantai dua menampilkan replika kamar para komikus, termasuk dapur dan toilet bersama.

Pengunjung juga dapat membaca buku-buku mengenai para komikus dari Tokiwaso, juga menonton cuplikan video wawancara dari para komikus tersebut.

“Kami ingin menampilkan tempat kelahiran budaya anime dan manga (komik Jepang) ke seluruh dunia,” kata Walikota Toshima Yukio Takano dalam pembukaannya, sembari menyebutkan bahwa untuk memasuki museum ini tidak dipungut biaya masuk alias gratis.

Komikus lain yang ditampilkan dalam museum meliputi Fujio Akatsuka pengarang Genius Bakabon, dan Shotaro Ishinomori, pencipta Cyborg 009 dan Kamen Rider.

Menurut pengunjung pertama Tokiwaso Manga Museum, Yuka Kawasaki (38) yang juga seorang komikus, bukan cuma eksterior yang direplika, tapi juga hingga jamur dan bercak di dinding interior dibuat persis sama.

“Saya bisa merasakan langsung gaya hidup para komikus ini. Saya senang sekali,” katanya.

Dilansir NHK pada Rabu (8/7/2020) dan dikutip dari Antara, bangunan asli Tokiwaso berdiri pada 1952. Komikus pertama yang menetap di bangunan ini adalah Osamu Tezuka yang pindah karena penerbitnya, Gakudosha, mencarikan tempat ini.

Sekitar setahun kemudian, Terada Hiroo yang pindah ke sana dengan cara yang sama. Akhirnya, Tokiwaso menjadi tempat berkumpul para komikus muda yang mengadu nasib di Tokyo.

Proyek Tokiwaso Manga Museum ini diumumkan pada 2016, dan pembangunan museum dimulai pada 2019 di dekat lokasi asli bangunan. Sebelumnya, museum ini rencananya dibuka untuk publik pada Maret, namun ditunda karena pandemi Covid-19.

Museum dibuka pukul 10 pagi hingga 6 petang dan tutup tiap Senin. Terkait kondisi pandemi saat ini, Anda yang berencana mengunjungi museum harus mendaftar terlebih dahulu di laman resmi.

Tokiwaso Manga Museum dapat dicapai dengan berjalan kaki lima menit dari stasiun Ochiai-Minami-Nagasaki jalur Toei Oeodo, atau berjalan 10 menit dari stasiun Higashi-Nagasaki jalur Seibu Ikebukuro.

Sumber : Suara.com

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *