banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

180 Santri Jalani Rapid Test Sebelum Kembali ke Pulau Jawa

Sebanyak 180 santri asal Kalbar yang akan kembali ke Pesantren Al Fatah, Magetan, Jawa Timur menjalani rapid test di aula Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (2/7/2020).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Sebanyak 180 santri asal Kalbar yang akan kembali ke Pesantren Al Fatah, Magetan, Jawa Timur menjalani rapid test di aula Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (2/7/2020).

“Jadi hari ini kita melaksanakan Rapid Test terhadap 180 orang santri dari pondok pesantren Al Fattah mereka akan pulang ke Jawa lagi,jadi kita lakukan pemeriksaan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson, Selasa (2/7/2020).

Harisson menuturkan dari 180 santri yang diperiksa hari ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan Rapid Test sekitar 121 orang. Dari 121 orang tersebut terdapat 2 orang reaktif.

“Sampai sekarang ini kita sudah periksa sekitar 121 dan hasilnya ada dua orang yang reaktif,” kata Harisson.

Untuk dua orang yang dikabarkan hasil Rapid Test nya reaktif pihak Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar akan segera melakukan Swab.

“Nanti yang reaktif ini akan kita langsung Swab, nanti akan kita kirim ke laboratorium Untan lalu kita lihat hasilnya kalau memang dia kasus konfirmasi dia akan diisolasi,” jelas dia.

Berdasarkan data, hingga saat ini Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat sudah melakukan pelayanan pemeriksaan Rapid Test untuk santri sekitar 933 orang.

“Sejauh ini Dinas Kesehatan sudah melakukan pemeriksaan terhadap 933 orang santri,yaitu dari Gontor,dari Sampang,Madura yang akan kembali kesana,” bebernya.

Harrison menyampaikan bahwa pelayanan pemeriksaan Rapid Test yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat untuk para santri merupakan permintaan dari Gubernur Kalbar Sutarmidji, agar para santri bisa kembali melanjutkan pendidikannya ke Pulau Jawa.

Kadinkes Prov Kalbar menuturkan sepanjang pihaknya melakukan Rapid Test ditemukan kemarin kasus 5 orang yang hasil Rapid Test nya reaktif, sehingga total ditambah dengan hari ini 7 orang dinyatakan reaktif Rapid Test nya.

“Kemarin ada 5 orang yang reaktif ,dua orang itu sudah ada hasil Negatif ya, 3 ini masih menunggu Lab Untan,” kata Harisson.

Ini juga merupakan kerjasama dari pihak Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) yang ada di Kalbar, pihak IPI yang menyalurkan data-data para santri yang akan pergi ke pulau Jawa yang kemudian menyerahkannya ke pihak Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar.

“Kedepan ini menang masih ada banyak santri yang akan masih kita periksa,” pungkasnya.

Riska I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *