HeadlineIndonesia MembangunInternasionalMetropolitanNasionalNewsPendidikanVideo

Fokus Tingkatkan Hasil Belajar Siswa, Kemendikbud Luncurkan Guru Penggerak

Kemendikbud akan merekrut 280 fasilitator dan 560 pendamping.

triggernetmedia.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya fokus pada peningkatan hasil belajar murid dan meningkatkan kompetensi guru. Untuk mencapai tujuan tersebut, Kemendikbud meluncurkan Program Guru Penggerak.

Program ini merupakan kesempatan bagi para widyaiswara, guru, kepala sekolah, dan praktisi pendidikan untuk menjadi fasilitator dan pendamping calon Guru Penggerak.

“Kami mengajak para insan pendidikan terbaik bangsa untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pendidikan Indonesia dengan bergabung menjadi tim pendukung Guru Penggerak,” ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Iwan Syahril, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Program Guru Penggerak dititikberatkan pada kualitas pelatihan dan pendampingan, agar terjadi peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah. Mereka diharapkan mampu menciptakan ekosistem pendidikan yang berdaya dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar murid.

Guru Penggerak dan tim pendukungnya diharapkan mampu mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul yang berkompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Para guru, kepala sekolah, dan praktisi pendidikan yang memiliki pengalaman diharapkan untuk mengikuti seleksi sebagai pendamping. Mereka nantinya akan berperan sebagai pelatih dan mentor bagi para calon Guru Penggerak.

“Bergotong royong dengan semua pemangku kepentingan untuk mencetak SDM unggul adalah kunci transformasi pendidikan untuk mencapai visi Indonesia 2045,” ujarnya.

Adapun salah satu misi yang akan ditugaskan bagi Guru Penggerak adalah menjadi katalis perubahan pendidikan di daerahnya. Hal ini dapat dilakukan dengan;

Baca Juga:Kemendikbud: Tak Ada Rencana Peleburan Pelajaran Agama Islam dan PKN

1. Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya;

2. Menjadi pendamping bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah;

3. Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah;

4. Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran;

5. Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah.

Tahun ini, Kemendikbud akan merekrut 280 fasilitator dan 560 pendamping. Mereka akan menjadi kunci dalam memastikan dampak baik dan keberlangsungan Program Guru Penggerak.

Rekrutmen fasilator akan dibuka akan dibuka Senin 15 Juni 2020 – Rabu 24 Juni 2020, sementara rekrutmen pendamping dibuka Senin, 15 Juni 2020 dan ditutup Jumat, 26 Juni 2020.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran, silakan klik https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/.

Sumber : Suara.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close