BisnisEkonomiHeadlineKhatulistiwaKilas KalbarNews

Pasokan Ayam Dari Luar Pontianak Tekan Kenaikan Harga

Haryadi dorong masyarakat untuk beralih mengkonsumsi ikan di tengah kenaikan harga ayam. Selain harga yang lebih murah, asupan gizi juga tidak kalah dengan daging ayam.

riggernetmedia.com – Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak, Haryadi S Triwibowo menilai dalam situasi sekarang pihaknya berharap ada pasokan ayam dari luar Pontianak sehingga tidak tergantung pada distributor yang ada. Hal ini dikarenakan kenaikan harga itu berkurangnya pasokan.

“Sementara pasokan ayam di pasar-pasar tergantung dari pakan ditingkat peternak,” kata Haryadi di Pontianak, Senin (15/6/2020).

Haryadi mendorong masyarakat untuk beralih mengkonsumsi ikan di tengah kenaikan harga ayam. Selain harga yang lebih murah, asupan gizi juga tidak kalah dengan daging ayam.

“Cari alternatif lain misalnya dengan mengkonsumsi ikan untuk meningkatkan gizi, sehingga tidak bergantung pada daging ayam,” ujar Haryadi.

Menurutnya distributor akan lebih mudah memainkan harga jika ketergantungan masyarakat pada ayam masih tinggi. Tentu pihak distributor akan seenaknya memainkan harga. Sementara pemerintah tidak bisa intervensi begitu saja untuk mengstabilitaskan harga di pasar.

“Kami tidak bisa intervensi seperti cabai. Untuk cabai di Jawa panennya sedang melimpah sehingga pemerintah kemudian bekerjasama untuk didatangkan ke Kalimantan Barat,” jelas dia.

Ia berharap suatu saat peternak ayam di luar Kalbar bisa memasok kebutuhan ayam di Provinsi Kalbar. Selama ini dikatakannya pasokan ayam masih dipenuhi peternak di Kalbar, sehingga ketika stok terbatas yang kemudian terjadi gejolak harga di pasar.

“Bisa saja seperti cabai, pengusaha dari luar bisa masuk ke pontianak dan harga pun bisa bersaing. Tentu masyarakat yang diuntungkan dan semoga bisa terlaksana,” tandasnya.

Dhesta

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close