HeadlineKesehatanKilas KalbarLandakLipsusNews

Dinas Kesehatan Landak Perluas Cakupan Deteksi COVID-19

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti permohonan dari OPD yang sudah mengajukan kepada kita. Meski demikian kita juga tetap memperhatikan peralatan yang kita miliki, namun yang kita prioritaskan adalah bagi OPD yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik,” ungkap Subanri.

triggernetmedia.com – Guna pendeteksian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Landak, pihak Dinas Kesehatan memperluas wilayah cakupan pelacakan penyakit berbahaya tersebut pada Jumat (12/6/2020). Hal tersebut diperkuat dengan mulainya pelaksanaan pengambilan sample darah di Aula Besar Kantor Bupati Landak bagi Aparatur Sipil Negara dilingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Landak.

Kepala Dinas Kesehatan Subanri mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan ini didasari atas permohonan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat, hal tersebut ditindaklanjuti supaya tim medis yang menangani dapat dengan mudah dalam tracking penyebaran virus pada ASN Kabupaten Landak.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti permohonan dari OPD yang sudah mengajukan kepada kita. Meski demikian kita juga tetap memperhatikan peralatan yang kita miliki, namun yang kita prioritaskan adalah bagi OPD yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik,” ungkap Subanri.

Subanri menegaskan, pihaknya akan terus melakukan perluasan cakupan pendeteksian virus corona diwilayah Kabupaten Landak.

“Jika peralatan kita mencukupi maka kita tidak menutup kemungkinan untuk melaksanakan tes massal sebagaimana mestinya sesuai yang diharapkan Bupati Landak,” jelas dia.

Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan tersebut sudah sesuai dengan kondisi saat ini. Mengingat langkah dalam menghentikan virus mematikan tersebut harus segera dilaksanakan dalam waktu secepatnya.

“Ingat virus ini sudah banyak menelan korban jiwa walaupun di Kabupaten Landak pada minggu lalu sebanyak 5 orang pasien kita nyatakan sembuh semua, namun bukan berarti kita berhenti sampai disitu atau bersantai-santai dengan situasi dan kondisi yang ada. Oleh sebab itu apa yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan tersebut merupakan langkah bagus bila perlu kita lakukan tes massal, jika anggaran mencukupi,” kata Karolin, Senin (15/6/2020) di Ngabang.

Dirinya menilai saat ini kasus corona dengan kategori Orang Tanpa Gejala merupakan kategori yang harus mendapat perhatian tersendiri.

“Seperti yang tidak ketahui bahwa kategori OTG sudah cukup banyak diwilayah kita, kita tidak ingin kategori ini bertambah banyak. Oleh sebab itu dengan adanya perluasan cakupan deteksi Covid-19 ini kita berharap tim medis lebih cepat dalam melakukan langkah selanjutnya,” ujar Karolin.

Dek I Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close