HeadlineIndonesia MembangunKesehatanKilas KalbarLandakLipsusNews

Pemkab Landak Gelar ‘On The Job Training’

Latih Tenaga Kesehatan untuk ambil sampel swab COVID-19.

triggernetmedia.com – Pemerintah Kabupaten Landak mulai melakukan terobosan terkait penanganan COVID-19 dengan melatih tenaga kesehatannya agar bisa mengambil sampel swab pemeriksaan COVID-19 melalui kegiatan ‘On The Job Training’ bagi analis Puskesmas, Rumah Sakit, dan Klinik Pratama yang digelar di Hotel Hanura, pada Selasa (9/6/2020).

“Kita kemarin menghadirkan narasumber langsung dari Labkes Pontianak untuk melatih tenaga medis kita agar kedepannya semua PKM mempunyai analis yang bisa mengambil sampel swab,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak Subanri, Rabu (10/6/2020) di Ngabang.

Kegiatan ‘On The Job Training’ bagi analis Puskesmas, Rumah Sakit, dan Klinik Pratama yang digelar di Hotel Hanura ini sedikitnya menghadirkan narasumber dari Laboratorium kesehatan (Labkes) Pontianak sebanyak 3 orang, dan dihadiri peserta terdiri dari Analis Puskesmas sebanyak 22 orang.

“Selain itu ada 7 orang Analis RSUD Landak, 1 Analis Klinik Santa Elisabeth, 1 orang Dokter Spesialis Patologi Klinik, dan 1orang Dokter Umum,” sebut Subanri.

Praktik kegiatan ‘On The Job Training’ bagi analis Puskesmas, Rumah Sakit, dan Klinik Pratama yang digelar di Hotel Hanura, pada Selasa (9/6/2020).

Sementara itu, Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa menyatakan, kegiatan ‘On The Job Training’ digelar dalam rangka untuk meningkatkan kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam penanganan COVID-19, terutama terkait pengambilan sampel swab yang dilakukan oleh tenaga medis di Kabupaten Landak.

“Semoga ini jadi titik nol untuk memulai pengambilan swab di Puskesmas dan Rumah Sakit demi meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan Covid-19, ” ujar Karolin.

Karolin menyebut, dengan kesiapan SDM tersebut juga sekaligus mempersiapkan upgrade Tes Cepat Molekuler (TCM).

“Kemarin kita sudah berkoordinasi dengan BPKP terkait teknis upgrade Tes Cepat Molekuler (TCM) agar dapat digunakan untuk pemeriksaan Covid-19. Nah, sekarang SDM yang kita upgrade juga agar dapat mempercepat proses penanganan COVID-19 di Kabupaten Landak,” jelasnya.

Dek I Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close