HeadlineKesraKhatulistiwaKilas KalbarNews

BPJS Pontianak Hadirkan Pelayanan Lapak Asik Selama Pandemi COVID-19

Lapak Asik dilakukan untuk memudahkan peserta jaminan sosial, sehingga tidak harus hadir dan membawa dokumen asli ke kantor melainkan dapat dilakukan sepenuhnya via online.

triggernetmedia.com – Badan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan menerapkan ‘Layanan Tanpa Kontak Fisik’ yang disingkat ‘Lapak Asik’ selama masa pandemi COVID-19.

Menurut Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pontianak Andry Rubiantara, prosedur Lapak Asik dilakukan untuk memudahkan peserta jaminan sosial, sehingga tidak harus hadir dan membawa dokumen asli ke kantor melainkan dapat dilakukan sepenuhnya via online.

“Adanya kebijakan WFH, bagi kami pelayanan untuk pengajuan klaim tetap diutamakan,” kata Andry di Pontianak, Jumat (23/5/2020) di Pontianak.

Andry menyebutkan dalam sehari kuota online yang dibuka untuk 57 pendaftar. Kendati begitu masih ada peserta yang datang ke kantor untuk pengajuan.

Ia memastikan peserta tetap dilayani jika datang hanya saja sejumlah prosedur harus dilakukan. Seperti pengecekan suhu kemudian mencuci tangan serta menjaga jarak saat duduk.

“Prosedur untuk Covid tetap kami lakukan. Mereka hanya memasukkan berkasnya dan kemudian difoto baru memasukkan berkas,” ujar dia.

Sementara itu untuk pendaftaran online diakaui Andry masih ada kendala namun persentasenya kecil. Kendala yang dialami misalnya ketidaktahuan peserta cara mengisi pendaftaran online.

“Misalnya yang diupload hanya kartu kepesertaan, padahal ada yang lain. Persentase ini hanya satu dua orang saja,” ungkapnya.

Selain itu, kata Andry, mereka yang mendaftar online pun tidak harus mendapat layanan dari kota asal. Dia mencontohkan ada peserta dari Pontianak yang mendapat layanan pendaftaran pengajuan klaim online
di Pulau Jawa, dan begitu juga sebaliknya.

“Tetap kami layani selama mereka sudah mendaftar secara online,” katanya memungkas.

Dhesta

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close