EkonomiHeadlineKhatulistiwaKilas KalbarNews

Jelang Lebaran Permintaan Daging Sapi Dominan dari Rumah Tangga

"Permintaan daging dominan datang dari permintaan rumah tangga. Sebab kolega pengusaha banyak yang tutup ditengah pandemi Covid-19," kata Muhammad Munsif di Pontianak, Minggu (17/5/2020).

triggernetmedia.com – Kepala Dinas Kepala Dinas Pangan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan, Muhammad Munsif mengatakan, permintaan daging saat ini dominan berasal dari rumah tangga. Padahal jelang hari raya Idul Fitri biasanya permintaan daging sapi cenderung tinggi.

“Permintaan daging dominan datang dari permintaan rumah tangga. Sebab kolega pengusaha banyak yang tutup ditengah pandemi Covid-19,” kata Muhammad Munsif di Pontianak, Minggu (17/5/2020).

Dinas PPKH sendiri, ujar Munsif, telah melakukan peninjauan di beberapa pasar tradisional dan stok daging sapi masih normal. Bahkan diakui sudah ada pedagang yang menjual daging sapi dengan harga Rp 100 ribu perkilogram.

“Sedangkan untuk harga normalnya Rp 130 ribu untuk kualitas bagus,” sebutnya.

Pengecekan itu, lanjut Munsif, telah dilakukan di Pasar Flamboyan dan Pasar Siantan. Namun, dipastikan stok daging sapi di kedua pasar tradisional tersebut masih normal.

“Hasil peninjauan kami untuk daging ayam harga pembelian bersihnya di pasar harga masih berkisar Rp 30 ribu, dengan tulangnya malah turun menjadi Rp 24 ribu,” jelasnya.

Menurutnya, harga daging sapi pun masih stabil meski hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Untuk daging sapi segar di pasaran saat ini sekitar Rp 125 ribu sampai Rp 130 ribu di seluruh wilayah Kalbar. Kemudian untuk daging beku di patok dengan harga Rp 80 ribuan namun stoknya terbatas.

“Kebutuhan daging sapi maupun ayam karena adanya pandemi covid-19 konsuminya menurun. Walaupun trennya menuju ke hari raya meningkat. Tapi secara keseluruhan menurun dari tahun sebelumnya dan lebih dominan ke konsumsi rumah tangga untuk permintaan dari kolega pengusaha tidak ada sama sekali,” tutupnya.

Dhesta

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close