EkonomiHeadlineKesraKhatulistiwaKilas KalbarNews

Disperindag Kalbar Pastikan Stok Gula Sudah Datang 500 Ton

Samuel: Stok sembako aman hingga Idul Fitri.

triggernetmedia.com – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalimantan Barat megungkapkan total gula yang sudah didatangkan dari Bulog untuk Kalbar sebanyak 500 ton.

Sehingga dapat menekan harga gula yang sempat naik hingga Rp 20.000 per kilogram menjadi turun kembali ke harga normal yakni Rp 16.000 per kilogram.

“Ini akan turun lagi seiring dengan bertambahnya pasokan gula,” ujar Samuel di Pontianak, Jumat (15/5/2020).

Seperti diketahui Gubernur Kalbar Sutarmidji sudah mewanti-wanti agar pemerintah terus memperhatikan ketersediaan gula di Kalbar.

Selain itu, Samuel juga memastikan ketersediaan sembako di Kalbar aman hingga Idul Fitri. Disamping itu pihaknya juga terus berupaya dalam menjaga stabilitas harga jelang hari raya yang terhitung kurang lebih dua minggu lagi.

“Ketersediaan sembako aman. Beras juga aman. Untuk harga akan terus diusahakan stabil,” jelas Samuel.

Kendati begitu, Samuel mengaku memang ada kenaikan pada harga cabai dibeberapa daerah. Satu diantaranya di Kota Pontianak. Kondisi itu, kata dia terjadi dikarenakan pasokan cabai dari Jawa saat ini tengah berkurang.

“Karena pengaruh panen di Jawa. Tapi kalau cabe biasanya tidak lama sudah normal lagi. Jadi tidak akan ada kelangkaan,” ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun melalui aplikasi Jendela Pontianak Integrasi (JePin), harga rata-rata cabai rawit antar pulau per tanggal 11 Mei 2020 menginjak Rp 41.259 rupiah. Sedangkan harga rata-rata cabai rawit lokal menginjak Rp 60.000 rupiah.

Dhesta

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close