BisnisHeadlineInternasionalMaritimMetropolitanNasionalNewsSospolhukamVideo

Kapal Kargo Iran Tabrak Karang di Perairan Batam, Bakamla RI Beri Bantuan

Dalam upayanya tersebut, Bakamla RI menerjunkan KN Belut Laut-406 untuk membantu.

triggernetmedia.com – Kapal kargo berbendera Iran kandas di perairan Batam. Mengetahui hal itu, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI masih berupaya untuk membantu menangani kapal yang kandas tersebut pada Rabu (13/5/2020).

Kapal kargo itu tertuliskan nama lambung Shahraz. Kapal tersebut melintasi perairan Batu Berhenti Sambu, Batam, Kepulauan Riau dan diinformasikan oleh Maritime and Port Authority (MPA) Singapura kandas dua hari yang lalu pukul 02.32 WIB.

“Kapal ini mengalami benturan karang sehingga sulit bergerak meski air laut naik,” demikian tertulis dalam keterangan resmi Bakamla RI yang dibuat di Batam, Rabu.

Bakamla RI berkoordinasi dengan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Batam, dan Basarnas untuk mengupayakan evakuasi kapal kargo Shahraz dengan cara memindahkan sebagian muatan kontainer sehingga memudahkan upaya penarikan kapal ke Pelabuhan Batu Ampar, Batam.

Dalam upayanya tersebut, Bakamla RI menerjunkan KN Belut Laut-406 untuk membantu.

Kemudian sejumlah unsur dari TNI Angkatan Laut, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), dan Polair juga ikut dalam penanganan tersebut.

Sebagai bentuk antisipasi, oil boom juga dipasang di beberapa titik badan kapal apabila terjadi kebocoran minyak. Oil boom itu berfungsi agar tumpahan minyak dapat terkurung dan tidak menyebar ke perairan.

Sumber : Suara.com

 

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close