HeadlineInternasionalKhatulistiwaKilas KalbarNasionalNews

Malaysia Deportasi 239 PMI Bermasalah

239 PMI yang dipulangkan baru saja keluar dari tahanan dikarenakan bermasalah karena tidak memiliki paspor.

triggernetmedia.com – Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Yuline Marhaeni menuturkan sebanyak 239 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) bermasalah di pulangkan Pemerintah Malaysia melalui PLBN Terpadu Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Ia menjelaskan dari total 239 PMI yang dipulangkan baru saja keluar dari tahanan dikarenakan bermasalah karena tidak memiliki paspor. Adapun paspor yang mereka punya bukan paspor untuk bekerja.

“Besok mereka akan di pulangkan dari KJRI melalui Perbatasan Entikong dan akan diperkisa oleh KKP setelah itu baru dipulangkan ke Dinsos oleh P4TKI. Selanjutnya Dinsos akan memulangkan ke daerah asal,” ujarnya di Pontianak, Senin (11/5/2020).

menurutnya, untuk pemulangan para PMI ke Kalbar pada pintu masuk perbatasan akan langsung di periksa oleh pihak KKP dan akan dilakukan rapid test.

“Rencana hasil Vidcon kemaren PMI yang datang akan langsung di rapid test tapi tergantung kesiapan dari Tim Gugus Tugas di Entikong,” jelas Yuline.

Ia menjelaskan jumlah keseluruhan PMI yang dipulangkan tidak semua berasal dari Kalbar. Ada juga yang berasal dari daerah luar Kalbar. Namun di pulangkan melalui Kalbar.

“Untuk pemulangan PMI ke luar Kalbar akan dipulangkan menggunakan kapal Pelni sedangkan untuk di dalam daerah Kalbar memakai transportasi darat,” tutupnya.

Dhesta

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close