HeadlineKesehatanKhatulistiwaKilas KalbarNews

Kapasitas Laboratorium RS Untan Relatif Terbatas Lakukan Real Time PCR

"Dalam sehari hanya bisa menampung 30 sampel atau 15 orang. Memang mereka mau menaikkan kapasitas pelan-pelan," ungkap Harisson di Pontianak, Senin (11/5/2020).

triggernetmedia.com – Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson menyatakan kapasitas laboratorium Rumah Sakit Universitas Tanjungpura saat ini masih belum bisa memenuhi seluruh pemeriksaan swab atau Real Time PCR.

“Dalam sehari hanya bisa menampung 30 sampel atau 15 orang. Memang mereka mau menaikkan kapasitas pelan-pelan,” ungkap Harisson di Pontianak, Senin (11/5/2020).

Harisson menyebut, kebutuhan untuk pemeriksaan RT PCR rata-rata setiap kabupaten kota per-hari mencapai 50 sampel. Sehingga sebagian sampel untuk pemeriksaan RT PCR masih dikirimkan ke Jakarta dan menunggu hasil 10 hari kedepan.

“Jadi kita bagi, ada yang dikirim ke Jakarta. Dan untuk kasus-kasus yang memang harus kita dahulukan, dalam artian kasus riskan, itu kita periksa di Untan,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu mengakui masih ada ratusan hasil uji swab dari pasien yang diduga Covid-19 belum keluar.

“Sampel-sampel itu ada di Jakarta dan belum ada hasil dari uji yang dilakukan,” kata Sidiq Handanu di Pontianak, Kamis (7/5/2020).

Lamanya keluar hasil uji swab itu menjadi persoalan lain, yakni menghambat proses pencegahan dan pelacakan aktivitas pasien. Saat hasilnya keluar dan jika positif maka itu adalah sampel yang uji sepuluh hari sebelumnya.

“Jadi ada ratusan sampel yang dikirim dan masih menunggu hasil. Belum lagi untuk uji swab dari PDP,” kata dia menambahkan.

Dhesta

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close