HeadlineKesehatanKilas KalbarKubu RayaNewsSospolhukam

Wabup KKR Ajak Semua Elemen Penting Sinergi Atasi Pandemi COVID-19

"Karena itu dibutuhkan sinergi seluruh elemen masyarakat, sebab wabah telah mengganggu tidak saja kehidupan masyarakat di akar rumput, tapi juga para pengambil kebijakan di tingkat atas," kata Sujiwo, Sabtu (9/5/2020) di Supadio Kubu Raya.

triggernetmedia.com – Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengajak semua pihak untuk bersama berjuang menghadapi pandemi COVID-19 atau virus corona. Dirinya menyebut begitu banyak kesulitan di berbagai bidang kehidupan yang diakibatkan wabah ini.

“Karena itu dibutuhkan sinergi seluruh elemen masyarakat, sebab wabah telah mengganggu tidak saja kehidupan masyarakat di akar rumput, tapi juga para pengambil kebijakan di tingkat atas,” kata Sujiwo, Sabtu (9/5/2020) di Supadio Kubu Raya.

“Harapan kita semua semoga pandemi ini segera berakhir. Supaya kita bisa kembali beraktivitas dengan normal,” kata Sujiwo menambahkan.

Sujiwo menyebut dampak wabah tidak saja dirasakan masyarakat di level bawah. Para aparatur pemerintah dan pengambil kebijakan di tingkat atas juga merasakan hal yang sama. Adanya wabah telah membuat kinerja pemerintahan tidak optimal. Begitu banyak anggaran pembangunan yang harus dialihkan untuk upaya pencegahan dan penanganan wabah COVID-19.

“Dari mulai pejabat pemerintah, TNI, Polri, semuanya merasakan hal yang tidak nyaman. Karena di media sosial saat ini muncul opini bahwa seakan-akan yang merasakan dampak wabah ini hanya kalangan masyarakat akar rumput. Padahal aparatur pemerintah juga merasakannya karena bekerja pun menjadi tidak bisa totalitas,” ujarnya.

Karena itu, ia mengajak semua elemen untuk bersatu memutus mata rantai penyebaran wabah COVID-19. Sebab dalam kondisi wabah, berapa banyak pun bantuan yang diberikan tidak akan pernah mencukupi kebutuhan masyarakat.

Menurutnya, dibutuhkan semangat solidaritas antarmasyarakat, dunia usaha, dan pemerintah.

“Dengan disiplin diri kita masing-masing dan seluruh masyarakat serta semangat pemerintah mengatasi ini, saya yakin dalam waktu yang tidak lama wabah ini akan segera selesai dan kita bisa kembali hidup normal,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Supadio, Marsma TNI Palito Sitorus. Palito mengajak seluruh masyarakat untuk mematuhi imbauan dari pemerintah terkait upaya pencegahan wabah COVID-19. Karena menurutnya berbagai upaya pemerintah tidak akan efektif jika tidak ada kerja sama dari masyarakat.

“Marilah kita bersama-sama ikuti imbauan dari pemerintah. Karena apapun yang dilakukan oleh pemerintah pusat sampai daerah tidak akan ada artinya bila masyarakat tidak mau melaksanakan protokol atau aturan-aturan dalam penanggulangan wabah ini,” ajaknya.

Secara khusus Palito mengajak masyarakat di semua desa melakukan ikhtiar dan doa agar terhindar dari wabah. Menurutnya ada sejumlah langkah yang sejatinya mudah untuk dilakukan setiap orang.

“Saya mengajak saudara-saudaraku khususnya yang ada di desa, untuk selalu menjaga diri, menggunakan masker, menjaga pola hidup sehat, dan tidak berkumpul-kumpul apalagi sampai jauh malam. Itu di antara usaha yang bisa dilakukan. Kita juga selalu berdoa khususnya di bulan suci Ramadan ini. Mohon kepada Tuhan supaya kondisi ini cepat berlalu dan kita bisa hidup normal kembali,” ucapnya.

Rio I Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close