HeadlineInternasionalKesraMetropolitanNasionalNews

Malam Ini Nuzulul Quran, Ini Amalan yang Sebaiknya Dilakukan

Yuk, menabung pahala di malam Nuzulul Quran!

triggernetmedia.com – Tidak terasa ibadah puasa Ramadan sudah dijalankan lebih dari setengah bulan, dan hari ini, Sabtu (9/5/2020) malam, adalah tepat hari ke-17 Ramadan, atau sering diperingati sebagai Nuzulul Quran atau malam turunnya Alquran.

Di malam Nuzulul Quran ini, umat Islam tidak ingin ketinggalan mendapatkan pahala di malam tersebut dengan melakukan berbagai amalan. Apa saja?

Mengutip NU Online, Ketua PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) Sumedang H Sa’dullah, menjelaskan cara-cara yang baik mengisi malam Nuzulul Quran.

“Cara-cara yang baik untuk mengisi malam Nuzulul Quran yaitu, pertama istiqomah membaca Al-Qur’an. Minimal harus khatam satu kali selama bulan Ramadan. Kedua, harus memperbanyak itikaf sambil membaca Al-Qur’an atau dzikir lainnya. Dan yang ketiga, perbanyaklah salat malam dan doa,” jelasnya.

Sementara itu, penjelasan mengenai turunnya Al-Qur’an di bulan Ramadan tertulis jelas dalam Al-Qur’an surat Al Baqarah ayat 185:

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan permulaan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang batil.”

Lalu, mengapa ditetapkan tanggal 17 Ramadan sebagai turunnya Al-Qur’an? Mengenai hal ini, para ulama berbeda pendapat. Imam Ibnu Ishaq berpendapat turunnya Al-Qur’an pada 17 Ramadan karena bertepatan dengan Nabi Mumammad berusia 41 tahun.

Pada 17 Ramadan itu juga terjadi perang Badar antara kaum muslimin dan musyirikin seperti disebutkan dalam surat Al Anfal ayat 41:

“Jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

tu sebabnya, 17 Ramadan merupakan momen penting dalam sejarah Islam, selain hari berlangsungnya perang Badar, juga merupakan waktu pertama kali diturunkannya Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW melalui malaikat Jibril.

Adapun surat pertama yang diturunkan adalah surat Al Alaq. Begitulah seterusnya Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur hingga yang terakkhir adalah ayat dari surat Al Maidah selama kurun waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari.

Sumber : Suara.com

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close