HeadlineKesehatanKesraKilas KalbarNewsSingBeBasSospolhukam

Mengintip Sinergi TNI-Polri di Bengkayang Bersatu Melawan Paandemi COVID-19

Dari kampanye larangan mudik dan dialogis, ada pula aksi kemanusiaan TNI-Polri peduli warga terdampak COVID-19.

triggernetmedia.com – Guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau COVID-19, jajaran Satuan Lalulintas Polres Bengkayang dan Polsek Ledo, Provinsi Kalimantan Barat gencar mengkampanyekan larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Kampanye yang dilakukan untuk mengajak masyarakat bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 yang saat ini merebak di beberapa daerah khususnya di wilayah Kabupaten Bengkayang,” ujar Kasat Lantas Polres Bengkayang Iptu Tri Teguh Mulyono, Jumat (8/5/2020).

Dalam kampanye tersebut pihaknya mengajak masyarakat agar tidak melaksanakan mudik.

“Ini kita lakukan demi kepentingan bersama untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Selain himbauan berupa kampanye keselamatan COVID-19, petugas Satlantas Polres Bengkayang dan Polsek Ledo juga memasang beberapa spanduk imbauan untuk tidak mudik di tengah wabah COVID-19.

“Sudah ada kita pasang spanduk imbauan contohnya ada di pasar Ledo, Pos Pengamanan dan tempat keramaian lainnya,” jelasnya.

Satlantas Bengkayang, kata Kasat Lantas Polres Bengkayang Iptu Tri Teguh Mulyono, juga melaksanakan sosialisasi kepada pengguna jalan agar selalu menggunakan masker saat berkendara atau di luar rumah.

“Kita mengimbau dan mengajak masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat di luar rumah atau berkendara. Mari bersama kita menjaga jarak sosial dan selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Sehingga kita semua bisa terhindar dari wabah Covid-19,” tandasnya.

Aksi Kemanusiaan Polsek Sanggau Ledo, Bagikan 100 Nasi Kotak Kepada Masyarakat

Polsek Sanggau Ledo belum lama ini menggelar kegiatan kemanusiaan dengan tema Dapur Lapangan Melawan COVID-19 “Kegiatannya dilaksanakan pada hari Kamis (07/05/2020) pukul 14.00 Wib di Lanud Harry Hadisoemantri Sanggau Ledo,” kata Kapolsek Sanggau Ledo, Ipda Dwiyanto Bhanu Susilo, Jumat (8/5/2020) di Bengkayang.

Sebelumnya, Polsek Sanggau Ledo bersama unsur TNI dari Lanud Harry Hadisumantri dan Koramil Sanggau Ledo melaksanakan kegiatan memasak bersama di dapur lapangan. Kemudian sejumlah paket nasi kotak yang siap santap itu langsung dibagikan kepada warga kurang sejahtera yang terdampak selama situasi wabah COVID-19.

“Paketnya kami bagikan kepada warga di kecamatan Sanggau Ledo yang kurang sejahtera”, tambah Kapolsek Sanggau Ledo.

Begini dapur lapangan TNI-Polri di Bengkayang dalam
Aksi Kemanusiaan Polsek Sanggau Ledo, Bagikan 100 Nasi Kotak Kepada Masyarakat.

Adapun personil yang dilibatkan dari Polsek Sanggau Ledo sebanyak 5 orang, Koramil Sanggau Ledo 2 orang dan Lanud Harry Hadisumantri 5 orang. Dengan menyiapkan 100 kotak nasi lengkap dengan lauk dan sayur yang dimasak sendiri di dapur lapangan TNI Polri Sanggau Ledo.

“Kegiatan ini dilaksanakan selain atas kepedulian kami kepada masyarakat yang terdampak oleh wabah Covid-19 adalah bentuk hadirnya pemerintah ditengah-tengah masyarakat untuk bersama melawan Covid-19. Semoga apa yang kami laksanakan bermanfaat bagi warga dan harapan kami kegiatan ini akan dilaksanakan berkelanjutan selama masa wabah Covid-19”, tutup Ipda Dwiyanto Bhanu.

Mengintip Patroli Dialogis Dipasar, Begini Cara Sat Sabhara Polres Bengkayang Jaga Kamtibmas

Personel Sat Sabhara Polres Bengkayang melakukan patroli dialogis di Pasar Bengkayang guna memberikan rasa aman kepada masyarakat yang berbelanja maupun berjualan.

Patroli ini dilakukan setiap harinya oleh personel Sat Sabhara, seperti yang dilakukan Kanit I Dalmas Polres Bengkayang Aiptu Asep Ramdani dan anggota lainnya.

Mereka pada Jumat (8/5/2020) terpantau memberikan himbauan kepada penjual dan pembeli yang melaksanakan transaksi untuk selalu waspada akan aksi 3C (Curi, Curat, Curas) yang mungkin saja bisa terjadi di daerah tersebut.

Anggota Sat Sabhara Polres Bengkayangitu diantaranya tampak mengingatkan kepada masyarakat, hendaknya mengamankan barang milik pribadi dengan aman, seperti Handphone ataupun Dompet. Hal ini untuk mencegahnya terjadi aksi-aksi kejahatan.

Kehadiran kepolisian ditengah masyarakat sangat diharapkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Dedi, satu diantara penjual pakaian di Pasar Begkayang mengaku senang dan aman akan kehadiran aparat kepolisian yang melaksanakan patroli.

“Saya berharap agar anggota Kepolisian rutin melakukan patroli seperti ini,” katanya.


Putus Mata Rantai Covid-19, Satlantas Polres Bengkayang Kampanye Larangan Mudik.

Sebelum melaksanakan kegiatan patroli, Sat Sabhara Polres Bengkayang ini ditekankan untuk menerapkan 3S, yakni Senyum, Sapa, Salam kepada masyarakat. Juga selalu waspada ketika berada di keramaian, untuk tidak sendiri dalam berjalan (minimal 2 orang) ketika melakukan patroli.

Doe I Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close