HeadlineKhatulistiwaKilas KalbarNewsPendidikan

237 Siswa SMA dan SMK Tidak Lulus Tahun Ini

Dengan adanya siswa yang tidak lulus, sebut Suprianus Herman, menandakan tenaga pendidik masih profesional dalam menjalankan tugas.

triggernetmedia.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Barat telah merampungkan hasil pengumuman kelulusan tahun 2020 tingkat SMA, SMK, dan SLB.

Kepala Disdikbud Kalbar Suprianus Herman merincikan untuk tingkat SMA dari 423 sekolah ada 39.330 peserta ujian.

“Dengan 39.221 peserta yang lulus. Serta 109 peserta tidak lulus,” katanya, Rabu (6/52020) di Pontianak.

Sementara itu, sambung dia, tingkat SMK ada 223 sekolah dengan 20.949 peserta ujian. Peserta yang lulus 20.821 dan 128 peserta tidak lulus.

“Untuk SLB ada 21 sekolah, peserta ujiannya 32 orang dan lulus semua,” jelas Suprianus Herman.

Dengan adanya siswa yang tidak lulus, sebut Suprianus Herman, menandakan tenaga pendidik masih profesional dalam menjalankan tugas.

“Iya, jadi menepis anggapan bahwa, kalau ditentukan oleh satuan pendidikan bisa lulus semua. Membuktikan bahwa tenaga pendidik kita tetap bekerja profesional dan objektif,” tegasnya.

Ia menambahkan, akibat pandemi Covid-19, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang sempat diselenggarakan oleh SMK pada tanggal 16 hingga 19 Maret 2020 kemudian dibatalkan. Selanjutnya dihapuskan Ujian Nasional untuk jenjang SMA dan SMP, tidak mengurangi makna untuk proses penilaian selanjutnya, walau diselenggarakan sepenuh melalui sistem daring.

“Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan physical distancing untuk meminimalisir persebaran Covid-19. Jadi, kebijakan ini diupayakan untuk memperlambat laju persebaran virus Corona di tengah masyarakat,” katanya.

“Sehingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merespon dengan kebijakan belajar dari rumah, melalui pembelajaran daring dan disusul peniadaan dan pembatalan Ujian Nasional untuk tahun ini,” katanya memungkasi.

Dhesta

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close