HeadlineKesehatanKesraKhatulistiwaKilas KalbarNewsSospolhukam

Pandemi COVID -19 Berikan Dampak Besar di Kota Pontianak

Wali Kota Pontianak sebut Pandemi COVID-19 tak hanya membuat bertambahnya jumlah penduduk miskin, tapi jumlah pengangguran hingga mereka yang mendapat PHK.

triggernetmedia.com – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), jumlah penduduk miskin di kota Pontianak saat ini sebanyak 24.668 Kepala Keluarga (KK).

“Sementara data dari Bappeda Kota Pontianak berdasarkan survei tahun 2017 jumlah penduduk miskin 29.171 jiwa atau setara 8.400 KK,” kata Edi di Pontianak, Senin (4/5/2020).

Edi mengaku pandemi COVID-19 memberikan dampak yang sangat besar. Wabah ini tak hanya membuat bertambahnya jumlah penduduk miskin, tapi jumlah pengangguran hingga mereka yang mendapat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Untuk itu pendataan terus dilakukan,” ujarnya.

Pemkot Pontianak, sambung Edi, juga melakukan evaluasi dalam pendistribusian sembako. Ini untuk memastikan bantuan bagi penduduk miskin data dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sudah terbagi semua. Selain itu, juga untuk mengakomodir para pendaftar yang baru.

“Selama ini Pemerintah Kota Pontianak juga telah menyalurkan sebanyak 600 ton beras. Dan sejauh ini bantuan beras yang sudah kami salurkan kepada warga Kota Pontianak mendekati 70.000 KK,” paparnya.

Edi menjelaskan, bantuan yang diberikan pun tak hanya dari data resmi yang dikeluarkan Kementerian Sosial melalui DTKS. Bantuan juga diberikan kepada masyarakat yang terdampak wabah ini. Seperti pekerja yang dirumahkan, juru parkir, pedagang kantin sekolah, dan pekerja ekonomi kreatif lainnya.

“Sekarang penduduk miskin pasti bertambah akibat pandemi Covid-19 ini,” tandasnya.

Dhesta

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close