banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Ramadhan 1441 Hijriah di Kabupaten Landak

Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa saat memberikan keterangan pers, Kamis (23/4/2020).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Bupati Landak Karolin Margret Natasa melakukan koordinasi bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak dan jajaran serta Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) dan Forum Komunikasi Pendidikan Agama Islam (FK PAI) dalam rangka pelaksanaan ibadah Bulan Suci Ramadhan di Kabupaten Landak.

“Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dengan ibadah yang akan dilaksanakan oleh saudara-saudara kita umat muslim. Pertama berkaitan dengan ibadah, sesuai dengan anjuran dari pemerintah pusat bahwa seluruh umat muslim diminta untuk beribadah dirumah saja, sehingga tarawih dan lain-lain dilakukan dirumah saja,” ungkap Karolin ketika wawancara sejumlah awak media, pada Rabu (22/4/2020) di Ngabang.

Karolin menjelaskan akan membantu Ummat Islam kemudahan dalam melaksanakan ibadah dengan mengikuti aturan dari Pemerintah Pusat yakni melaksanakan Ibadah dirumah. Namun. pihaknya memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan memperkenankan adanya tausyiah dan tadarus al-qur’an melalui media sosial Pemerintah Kabupaten Landak.

“Kemudian kami juga berkoordinasi dengan Kementerian agama bahwa kami mendukung penuh untuk saudara-saudara kita melaksanakan ibadah dengan baik. Oleh karena itu, setelah berkoordinasi kami akan menayangkan secara online mungkin untuk tausiahnya, kemudian juga untuk tadarusnya, serta untuk lain-lain hal yang mendukung ibadah akan kami upayakan agar bisa diakses secara online oleh masyarakat dengan akses youtube kami dan media sosial yang lain,” ujar Karolin.

Selain itu, Karolin menyebut pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Satgas Pangan dalam rangka persiapan Puasa dan Idul Fitri agar tidak terjadi kelangkaan bahan pokok serta selalu mengontrol harga dan ketersedian bahan pokok.

“Kami juga berkoordinasi dengan Satgas Pangan agar tidak terjadi kelangkaan bahan pokok serta selalu mengontrol harga dan ketersedian bahan pokok. Yang masih menjadi tantangan bagi kita, beberapa komoditas yang merupakan komoditas impor kadang-kadang sering kosong dipasar karena memang dari pusat lalu lintas eksport impor kita terganggu. Salah satunya gula dan bawang bombay,” sebutnya.

“Kami berupaya semaksimal mungkin untuk menstabilkan harga, sudah ada informasi dari pemerintah pusat bahwa gula impor sudah mulai masuk, Kita harapkan dalam waktu dekat ini harga gula yang hari ini mencapai 21.000 bisa turun. Mudah-mudahan ini bisa terkendali di bulan puasa hingga nanti idul fitri nanti,” kata Karolin.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Landak Muhlis menegaskan, Pemerintah Kabupaten Landak sangat mendukung Ummat Islam dalam melaksanakan ibadah sesuai dengan anjuran dari Pemerintah serta melakukan kerja sama dengan Kemenag kabupaten Landak.

“Ibu Bupati Landak mengarahkan bahwa kita umat Islam dianjurkan untuk menggunakan media sosial atau pun radio yang ada di Pemkab Landak dengan manayangkan atau menyiarkan tausyiah menjelang berbuka puasa. Kemudian Kita akan live streaming tadarus al-qur’an setelah melaksanakan sholat tarawih di rumah masing-masing. Ini yang sangat membahagiakan bagi kita, bahwa perhatian Bupati Landak yang sangat mendukung sekali kegiatan-kegiatan Ummat Islam dalam melaksanakan Ibadah terutama pada Bulan Ramadhan,” ucap Muhlis Rabu (22/04/20).

Selain itu, Muhlis mengimbau umat Islam di Kabupaten Landak untuk melaksanakan ibadah di rumah saja sesuai anjuran pmerintah yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah Di Tengah Pandemi Wabah Covid-19.

“Sesuai dengan SE Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 bahwa kegiatan buka puasa, tarawih, tadarus, atau makan sahur dilaksanakan di rumah bersama Keluarga. Intinya kita melaksanakan sunnah-sunnah amaliayah ramadhan itu dengan keluarga inti dirumah dalam rangka untuk memutus mata rantai penularan virus corona (COVID-19) di Kabupaten Landak,” imbau Muhlis.

Dek I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *