banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Lomba Daring Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Kubu Raya

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Sekretariat Daerah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten selaku panitia perlombaan azan, murattal Qur’an, dan menulis-membacakan surat untuk Bupati Kubu Raya memperpanjang jadwal pendaftaran lomba yang semula direncanakan 12-30 April 2020 hingga 9 Mei 2020. Perpanjangan jadwal pendaftaran itu dilakukan menyusul respon positif dan tingginya animo masyarakat untuk mengikuti lomba itu.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan pun menilai dengan begitu sekolah juga punya waktu yang lebih leluasa untuk mengkoordinir peserta dari sekolahnya masing-masing. kegiatan lomba digelar Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk memberikan alternatif pembelajaran di rumah bagi seluruh peserta didik di berbagai jenjang, khususnya selama masa pandemi Covid-19 atau virus corona.

Namun, sambung dia, untuk menghindari pertemuan fisik sesuai protokol kesehatan, lomba digelar dengan sistem dalam jaringan atau daring (online). Caranya dengan menggunakan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi berupa video rekaman dan foto yang dikirim ke panitia.

“Lomba ini dilaksanakan untuk mengisi waktu luang anak selama menjalankan aktivitas belajar di rumah. Melalui lomba ini, kita ingin menumbuhkembangkan spiritualitas dan sikap religius anak. Selain itu juga untuk menggali ide orisinal dan mengasah kepekaan anak terhadap situasi sosial di sekitarnya,” jelasnya.

Muda menyebut, lomba merupakan wahana mengekspresikan diri yang dikemas dalam bentuk kompetisi. Yang menarik dari lomba ini adalah keterlibatan semua komponen. Di mana tidak hanya siswa, tapi orangtua, wali murid, keluarga inti, guru, wali kelas, dan warga sekolah lainnya juga terlibat.

“Melalui lomba siswa diberikan peluang mengasah sikap positif dan mendapat kesempatan menuangkan seluruh imajinasi serta ide secara tertulis sekaligus mengekspresikannya secara lisan dalam bentuk membacakan suratnya,” tuturnya.

Kemudian, kata Muda, untuk memudahkan pengiriman video azan dan murattal serta foto surat dan video membacakannya, pihak sekolah diminta mengkoordinasikan berkas atau file lomba dari seluruh siswa peserta.

“Yakni berkas penampilan siswa yang mencakup semua jenis dan kategori lomba. Kesemua berkas dihimpun dalam sebuah diska lepas atau flashdisk dan diserahkan kepada panitia di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” ujarnya.

“Terkait hal ini, kepala sekolah agar mengatur pola yang tepat untuk mengarahkan seluruh guru kelas, wali kelas, dan tenaga kependidikan lainnya yang ada di sekolah,” ujar Muda menambahkan.

Muda kemali menegaskan, kegiatan lomba merupakan salah satu bentuk pembelajaran selama menjalankan aktivitas belajar di rumah. Karena itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan mengukur partisipasi setiap sekolah.

“Dinas akan melakukan penilaian dan evaluasi serta menjadikannya sebagai salah satu indikator kinerjakinerja,” jelasnya.

Adapun pengumuman pemenang akan dilakukan pada 18 Mei 2020.

Rio I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *