HeadlineKesehatanKetapangKilas KalbarNewsSospolhukam

Sinergi Penaggulangan Pandemi Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Ketapang

Martin Rantan sebut perlunya melakukan tindakan preventif untuk melindungi diri dari infeksi virus dari berbagai lapisan sosial melalui germas untuk lebih digelorakan lagi penerapan pola hidup sehat dalam kehidupan.

triggernetmedia.com – Bupati Ketapang, Martin Rantan memimpin apel gabungan penanggulangan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di halaman kantor Bupati jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Mulia Baru, Kecamatan Delta Pawan. Apel gabungan tersebut diikuti sebanyak 200 orang.

Turut hadir Wakil Bupati Ketapang,  Suprapto, Dandim 1203/Ketapang Letkol.Kav.Jami’an, Kapolres Ketapang. AKBP. R. Siswo handoyo SIK.  Pasi ops Kodim 1203/Ketapang Kapten Inf. Andri fitri, Kabag ops Polres Ketapang AKP. Mediyanto, Kasat intel Polres Ketapang Iptu. Agustana, Dan Ki pelopor Brimob Ketapang Ipda. E.Zalukhu, Kasat Pol PP Kab. Ketapang, Muslimin. Adapula Asisten III, Tanam, Pasi log Kodim 1203/Ketapang Kapten Inf. Anggoro.

Peserta apel terdiri dari jajaran Kodim 1203/Ketapang, jajaran Polres Ketapang beserta kendaraan , Brimob kab. Ketapang, Satpol PP Kab. Ketapang, BPK, BPAS, Perbakin, Bela Negara, Manggala Agni beserta, dan FKPPI.

Peserta apel terdiri dari jajaran Kodim 1203/Ketapang, jajaran Polres Ketapang beserta kendaraan
, Brimob kab. Ketapang, Satpol PP Kab. Ketapang, BPK, BPAS, Perbakin, Bela Negara, Manggala Agni beserta, dan FKPPI.

Dalam apel tersebut Bupati Martin Rantan mengungkapkan, penyebaran pandemi Covid-19 di dunia cenderung meningkat. Bahkan Pemerintah telah menetapkan status keadaan tertentu bencana non alam virus Corona (Covid-19) dengan mengambil langkah-langkah cepat, fokus terpadu dan sinergis antara Kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam rangka pencegahan percepatan penanganan kasus di Kabupaten Ketapang.

“Adapun langkah-langkah yang diambil dalam rangka pencegahan dan penanganan covid-19 adalah dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan saat ini rutin dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang bekerjasama dengan TNI/Polri dan relawan, beserta organisasi kemasyarakatan lainnya,” ujar Martin Rantan.

Dia menegaskan, perlunya melakukan tindakan preventif untuk melindungi diri dari infeksi virus dari berbagai lapisan sosial melalui germas untuk lebih digelorakan lagi penerapan pola hidup sehat dalam kehidupan.

disampaikan juga usaha pencegahan virus corona diantaranya melakukan cuci tangan dengan sabun minimal 20 detik dengan cairan pencuci tangan yang minimal mengandung 60 persen alkohol, serta hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan sebelum mencuci tangan dengan sabun.

“Hindari juga kontak dekat dengan orang yang sakit , tinggal di rumah jika sedang sakit dan mencuci tangan secara teratur, serta menerapkan etika batuk dan bersin dengan di tutup dengan masker. Selain itu memasak daging dan telur sampai matang dan sebagainya,” ujarnya menambahkan.

Selain itu, kat Martin rantan, hindari kontak dekat dengan siapapun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan. Masyarakat kabupaten Ketapang juga diimbau untuk tetap tenang dan tetap produktif dengan meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran Covid-19 bisa di cegah.

“Saatnya kita kerja dari rumah dan belajar dari rumah, ibadah di rumah. Inilah saatnya bekerja bersama-sama saling tolong menolong, gotong-royong. Kita ingin gerakan bersama ini menjadi sebuah gerakan masyarakat agar masalah ini bisa tertangani dengan baik dan maksimal,” kata Martin Rantan.

Cegah pandemi virus corona, TNI/Polri terlibat aktif melakukan penyemprotan disinfektan pada sejumlah tempat ibadah di Ketapang.

Usai melakukan apel gabungan, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara bersama. Adapun lokasi yang dilakukan penyemprotan yakni di Gereja Katedral jalan A. Yani, Kelenteng tua Jalan Merdeka, Rumah vihara di Jalan Imam Bonjol, Gereja di Jalan M. Tohir,  Masjid Al ikhlas, Masjid Almurthada di Jalan R. Suprapto, Masjid Annur di Polres Ketapang , Masjid Babul Hair, Masjid At Taubah depan City Mall.

Jhon I Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close