BisnisEkonomiHeadlineKhatulistiwaKilas KalbarNasionalNews

‘OMG’ Harga Gula Tembus Rp 20 Ribu Per Kg

Kemendag RI ajukan impor gula.

triggernetmedia.com – Harga gula pasir di Kalimantan Barat mulai melonjak naik. Kekinian, harga gula pasair yang semula Rp 14.000 perkilogram sudah melambung Rp 19.000 hingga Rp 20.000 perkilogramnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalimantan Barat, Samuel mengungkapkan, kenaikan harga gula saat ini terjadi di seluruh provinsi di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena produksi pabrik gula dari Jawa dan Sulawesi yang belum maksimal dan belum memasuki masa panen.

“Untuk bahan pangan secara umum itu aman stoknya tersedia dan harga tidak terlalu bergejolak yang memang agak tinggi ini gula. Karena memang gula ini stoknya terbatas itu menjadi masalah nasional tidak hanya di Kalimantan Barat di provinsi lain juga terjadi kelangkaan gula,” ungkap Samuel di Pontianak, Selasa (31/3/2020).

Samuel menjelaskan, untuk saat ini ketersediaan gula di Kalbar tetap ada namun dengan harga yang bergerak naik. Pihaknya pun sudah memantau harga gula di pasar-pasar dimana harga gula berkisar Rp 19.000 perkilogram.

“Kondisi ini sudah kita sampaikan ke Kementerian Perdagangan melalui Dirjen Perdagangan Dalam Negeri. Semua daerah sudah menyampaikan hal ini,” ujar Samuel.

Adapun kebijakan yang telah diambil oleh Kemendag RI, sebut Samuel, yakni membuka keran impor gula. Hal tersebut harus dilakukan sebab produksi dalam negeri belum mencukupi.

“Informasi yang kami terima dari kementerian itu pertengahan April katanya gula itu akan sampai ke daerah-daerah. Mudah-mudahan distribusi nya lancar dari negara penghasil gula,” kata dia.

Meski demikian, Samuel memastikan ketersediaan bahan pokok lainnya di Kalbar terbilang aman.

“Yang lainnya aman kami dengan DPRD satgas pangan sidak ke lapangan mengunjungi pasar Flamboyan dan juga gudang distributor kemudian agen perbelanjaan semua tersedia,” tandasnya.

Dhesta

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close