banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Covid-19 di Landak, Subanri: Pasien ODP Semakin Berkurang

Sinergitas Pemkab Landak bersama tim gugus tugas penanganan Covid-19, Kamis, 26/3/2020.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, Subanri menyampaikan saat ini pihaknya selalu mengikuti protokoler yang telah ditetapkan dari kementerian kesehatan dalam menagani virus corona (Covid-19).

“Kita mengikuti protokoler dari Kementerian kesehatan, kemudian meneruskan imbauan dari Bupati Landak melalui medsos yang sifatnya positif, itu yang kita ikuti,” kata Subanri di Posko Covid-19, Kamis (26/3/2020).

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Landak melalui tim gabungan telah melakukan penyemprotan disinfektan pada sejumlah fasilitas umum di sekitar kota Ngabang. Penyemprotan disinfektan dilakukan untuk mencegah peyebaran virus Corona.

Subanri menjelaskan, dalam waktu dekat akan ada penyemprotan disinfektan secara massal diwilayah kabupaten Landak.

“Kita buat surat edaran bupati sampai tingkat RT, kemungkinan nanti pelaksanaannya secara massal, jam dan harinya mungkin ditentukan bersama-sama. Jadi, kita melakukan penyemprotan cairan disinfektan ini secara massal di kabupaten Landak,” kata Subanri.

Bahkan dalam waktu dekat, kata Subanri, pihaknya akan melakukan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara membuat cairan disinfektan sendiri menggunakan peralatan dan media yang ada agar masyarakat dapat melakukan penyemprotan secara mandiri.

“Dinkes beserta OPD lain di gugus tugas sudah bersama-sama melakukan penyemprotan di tempat-tempat umum. Nanti masyarakat diharapkan dapat melakukan penyemprotan mandiri dirumahnya masing-masing. Kami minta Kepala Desa sampai RT-nya memantau kegiatan ini, karena penyemprotan ini sederhana sebenarnya alat dan cairannya, jadi bisa dilakukan berkali-kali tanpa ada instruksi. Jadi nanti ada edukasi kepada masyarakat bagaimana cara membuat cairan penyemprotan ini,” ujar Subanri.

Lebih lanjut Subanri mennyatakan, saat ini di Kabupaten Landak sendiri belum ditemukan pasien positif Corona (Covid-19), namun terdapat 24 orang dalam pemantauan (ODP).

“Yang positif belum ada, sampai saat ini mudah-mudahan di kabupaten Landak tidak ada kasus positif corona, untuk pendataan dari puskesmas setiap jam kita buka perkembangannya, dari puskesmas kita online langsung. Kita ODP secara akumulatif ada 84 tapi itu dari awal, sekarang kita tinggal 24 ODP saja,” jelas Subanri.

Terpisah, Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa mengatakan dirinya sangat mengapresiasi tim satuan tugas Covid-19 dengan masyarakat Kabupaten Landak yang terus bersama-sama berupaya menurunkan perkembangan kasus virus Corona di kabupaten itu.

“Kita bersyukur saat ini Kabupaten Landak belum ada yang positif Covid-19, hal ini tentu saja berkat kerja sama kita semua dalam mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Landak. Tetapi Saya meminta kepada tim satgas Covid-19 serta pihak RSUD Landak dan Puskesmas terus mendata dan memonitor ODP,” kata Karolin di Pendopo Bupati Landak, Kamis (26/03/20).

Karolin lantas kembali mengimbau masyarakatnya agar menerapkan pola hidup sehat dan melakukan social distancing dan physical distancing demi mencegah penyebaran virus corona.

“Kita imbau terus masyarakat, mulai dari camat, Kepala Desa dan RT menginstruksikan warganya supaya bisa menjaga pola hidup sehat dan bersih. Dan tolong terapkan terus social distancing dan pysical distancingnya, yaitu jaga jarak satu meter serta tidak melakukan perkumpulan massa,” imbau Karolin.

Dek I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *