banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Tradisi Naik Dango, Kapolres Mempawah: Jangan Ada Perjudian

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga berswafoto dengan pengurus DAD Kalbar dan pengurus DAD Kabupaten Mempawah usai rakor, Sabtu, 21/3/2020 di ruang rapat Polres Mempawah.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga mengingatkan kepada masyarakat yang melaksanakan kegiatan budaya ‘Naik Dango’ di Kabupaten Mempawah agar tidak mengisi acara dengan kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum seperti perjudian.

“Kegiatan budaya Naik Dango ini tidak boleh melenceng dari tujuan semula. Kegiatan budaya tidak boleh diisi dengan kegiatan menyimpang seperti perjudian misalnya, karena tidak ada satu doktrin pun yang memperbolehkan Naik Dango itu diisi dengan perjudian,” kata Kapolres Mempawah AKBP Tulus Sinaga dalam rapat koordinasi kegiatan Naik Dango ke-35 tingkat kabupaten, Sabtu (21/3/2020) di Mempawah.

Kapolres menegaskan, kegiatan Naik Dango sama sekali tidak dilarang, namun jika ingin melaksanakan maka tidak boleh ada kegiatan apapun yang melanggar hukum dan menjurus ke arah perjudian.

“Kami juga mempersilahkan hukum adat yang menangani hal tersebut, karena itu bentuk penghormatan Polri kepada adat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Barat, Jakius Sinyor mengatakan pihaknya tidak ingin masalah sepele berimbas pada adat dan budaya dayak menjadi luntur.

“Orang dayak tidak mau disebut sebagai orang yang tidak beradat. Ikutilah aturan pemerintah, jangan sampai karena masalah seperti itu budaya dayak menjadi luntur, bila perlu perjudian itu kita tutup secara adat,” ujarnya.

Ketua DAD Kabupaten Mempawah, Amon Amet juga menyatakan setuju jika perjudian di acara Naik Dango ditiadakan. Peniadaan perjudian itu menurutnya dapat dilakukan dengan membuat kesepakatan bersama masyarakat.

“Sehingga apabila masih ada aktivitas yang melanggar hukum akan dilakukan penegakan hukum, dan itu diluar tanggungjawab panitia,” katanya.

Rilis

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *