banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Pemkab Sanggau Antisipasi Wabah Virus Corona

Bupati Sanggau, Paolus Hadi memimpin Rapat Terbatas bersama unsur Forkopimda terkait wabah virus corona, Senin, 16/3/2020.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Bupati Sanggau, Paolus Hadi Senin (16/3/2020) pagi tadi, memimpin rapat terbatas bersama unsur Forkopimda terkait menyikapi situasi Kabupaten Sanggau pasca diumumkannya ancaman Covid-19 oleh Gubernur Kalbar, Minggu (15/3/2020) kemarin.

Dalam rapat terbatas tersebut, Bupati Paolus Hadi menyampaikan, rapat sebagai tindak lanjut keputusan Presiden nomor 7 tahun 2020 tentang pembentukan gugus tugas penanganan Corona.

“Karena ini adalah bencana Nasional dan Kalimantan Barat adalah wilayah yang rentan penyebaran Corona sebagaimana juga disampaikan Gubernur Kalbar, maka Pemkab Sanggau perlu mengambil langkah–langkah penting,” ujarnya.

Kabupaten Sanggau, Sebut Paolus Hadid adalah daerah yang berbatasan langsung dengan Serawak, Kuching Malaysia yang kini rentan terpapar wabah virus Covid-19.

“Atas kondisi tersebut, sekolah diliburkan mulai dari PAUD, SD, dan SMP diliburkan mulai besok,” sebutnya.

Ia menjelaskan, PAUD sampai SMP itu kewenangan Kabupaten. menurutnya, Gubernur Kalbar juga sudah menyampaikan SMA diliburkan, termasuk Perguruan Tinggi di Kabupaten Sanggau. Dirinya menegaskan, sudah menyampaikan hal tersebut ke Asisten II untuk menyampaikan pertimbangan agar diliburkan.

“Libur anak sekolah ini bukan libur biasa. Libur 14 hari mulai 17 Maret hingga 2 April 2020 adalah kesempatan bagi anak–anak para pelajar terhindar dari terjangkitnya virus Corona,” jelas Paolus Hadi.

Kepada orangtua diimbau supaya tidak membawa anak anak mereka liburan ke pusat rekreasi atau keramaian, termasuk ke Mal atau pusat perbelanjaan, apalagi ke luar Negeri.

Selain itu, sambung Paolus Hadi, Sekolah-sekolah tetap di laksanakan, yakni dengan belajar di rumah. Ia juga meminta warga Sanggau untuk tidak pergi ke wilayah yang rawan terpapar virus corona agar tidak terjangkit.

“Kalau nekad pergi saya minta jangan pulang. Diam saja disana sampai situasi aman. Dan jika dalam minggu–minggu ini pernah pergi dan sudah pulang segera melaporkan diri dan itu wajib. Kalau mau menyelamatkan orang lain selamatkan juga diri sendiri, lapor segera ke Puskesmas terdekat atau rumah sakit kita,” pesannya.

Untuk beberapa even yang akan digelar di Sanggau, seperti HUT ke-404 Kota Sanggau, tegas Paolus Hadi harus ditunda.

Kepada Ormas yang mungkin ada kegiatan yang mengumpulkam banyak orang, juga diminta agar ditunda. alangkah tersebut dilakukan sebagai upaya Pemkab Sanggau mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten itu.

“Masyarakat saya imbau untuk tidak panik menyikapi situasi global saat ini, apalagi sampai memborong barang makanan seperti sembako. Untuk stok beras dijamin aman hingga enam bulan ke depan,” jelas Paolus Hadi.

Seluruh ASN tetap bekerja seperti biasa, dan setiap OPD atau instansi vertikal untuk membuat standar kesehatan di lingkungannya masing – masing.

“Lakukan dengan cara rutin cuci tangan dan tetap jaga kebugaran, sedangkan alat pengukur suhu sedang di usahakan,” tutupnya.

Libertus I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *