banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Viral Video TikTok Tips Mencuci Tangan Anti Corona yang Benar ala Dokter

Video TikTok tips mencuci tangan yang benar. (ist)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Jagat media sosial dibuat ramai dengan video tips mencuci tangan yang benar di aplikasi TikTok.

Video tersebut viral seiring dengan kasus dua warga negara Indonesia positif terjangkit virus corona.

Mulanya, video itu dibagikan oleh akun TikTok @alodokter.id. Dalam rekaman tersebut, terlihat empat orang yang terdiri dari tiga orang perempuan dan seorang laki-laki mengenakan jas berwarna putih.

Kempatnya lalu memperagakan gerakan mencuci tangan yang benar sembari mengikuti alunan musik. Secara urut, gerakan tersebut terdiri dari lima langkah.

Dimulai dari membasahi tangan dengan air dan sabun lalu membersihkan sela-sela jari dan punggung tangan.

Setelah itu, genggam ibu jari lalu putar dan bersihkan kemudian mengusap ujung jari dengan gerakan memutar. Tips tersebut lantas diakhiri dengan membilas dan mengeringkan tangan.

Tips inipun dengan mudah bisa ditirukan oleh semua orang.

Menkes Singapura Imbau Warga Rajin Cuci Tangan

Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong menerangkan, bahwa virus corona tidak menyebar lewat udara melainka melalui tetesan orang yang terjangkit. Dalam hal ini, tetesan tersebut dikatakan bisa berupa batuk atau bersin.

“Ketika seorang bersin atau batuk, misalnya tetesan jatuh ke permukaan meja dan kursi dan virus ini dapat tetap hidup hingga beberapa hari. Ketika orang lain menyentuh permukaan, virus dapat ditransfer ke tangannya dan jiak dia menggosok mata atau hidup, dia bisa terinfeksi,” imbuhnya.

Gan juga mengatakan, kasus penularan virus di tempat umum seperti mal dan hotel cukup rendah. Penularan terjadi ketika seseorang menunjukkan gejala virus corona.

Melihat cara penularan tersebut, Gan meminta warga untuk melakukan pencegahan. Salah satunya yang termudah untuk mencegah penularan tersebut yakni dengan rajin mencuci tangan dan menghindari menyentuh wajah.

“Para ahli medis di luar negeri dan Singapura telah menyarankan bahwa cara paling efektif untuk melindungi diri kita dari virus dengan menjaga kebersihan diri,” ucap Gan.

“Kita harus mencuci tangan dengan sabun dan air secara teratur dan menghindari menyentuh wajah dengan tangan. Ini mungkin terdengar sederhana tapi efektif untuk mencegah semua jenis infeksi,” imbuhnya lagi.

Begitu pula dengan efektivitas pemakaian masker untuk antisipasi virus. Menurut Gan, pemakaian masker justru membuat seseorang lebih sering menyentuh wajah.

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *