banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Warga Kubu Raya Wakafkan 9,6 Hektare Lahan untuk Pemakaman Umum

Wakil Bupatati Kubu Raya, Sujiwo kerja bakti bersama warga bersihkan dan pagar lahan wakaf, Sabtu 29/2/2020.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo memimpin kerja bakti di Parit Rintis Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Sabtu (29/2/2020) pagi tadi. Kerja bakti pembersihan dan pemagaran lahan wakaf dilakukan bersama warga Sungai Raya Dalam, Punggur Kecil, dan sekitarnya.

“Kerja bakti ini dilatari keinginan besar warga Sungai Raya Dalam dan sekitarnya untuk memiliki lahan wakaf,” kata Sujiwo.

Menurutnya, lahan seluas 9,6 hektare tersebut berasal dari keluarga besar Nurdin Johan yang mewakafkan tanahnya untuk pemakaman. Kedepannya akan diperuntukkan sebagai tempat pemakaman umum.

“Selama ini kita cuma memikirkan orang yang hidup saja. Sudah saatnya kita ikut memikirkan orang-orang yang sudah meninggal, apalagi Sungai Raya Dalam ini minim sekali bahkan dapat dikatakan tidak punya lahan pemakaman,” ujar Sujiwo.

Warga Sungai Raya Dalam, sambungnya, sangat terbantu dengan adanya wakaf lahan ini. Sebab kawasan Sungai Raya Dalam dan sekitarnya memang belum memiliki permakaman yang memadai.

Sujiwo menyebut, adapun lahan seluas 600 meter persegi yang pernah ia wakafkan untuk permakaman pada tahun 2007 silam telah penuh. Dengan adanya lahan wakaf baru ini, dirinya meminta warga setempat tak lagi bingung mencari lokasi permakaman ketika ada yang meninggal dunia.

“Sekarang kalau ada warga Sungai Raya Dalam yang meninggal, kita tidak lagi bingung mau dimakamkan di mana,” ucapnya.

Ia menambahkan, selain diperuntukkan sebagai permakaman, di lahan tersebut rencananya juga akan dibangun pondok pesantren. Nantinya permakaman dan pondok akan dikelola oleh Yayasan Darunnajah Raya.

“Insya Allah di lahan ini juga akan dibangun pesantren di bawah Yayasan Darunnajah Raya,” jelasnya.

Sujiwo juga mengapresiasi warga yang antusias bekerja bakti. Dirinya berharap semangat gotong royong itu terus dipertahankan dan ditularkan kepada masyarakat lainnya.

“Saya imbau kepada warga Sungai Raya Dalam, Punggur Kecil, dan Kubu Raya pada umumnya, semangat gotong royong dan kebersamaan seperti ini harus kita pupuk. Gotong royong merupakan peninggalan yang sangat mulia oleh leluhur kita yang saat ini sudah mulai tergerus dan terdegradasi. Memang masih ada, tetapi tidak lagi seperti dulu. Warga Sungai Raya Dalam sudah memulainya, dan mudah-mudahan bisa ditiru oleh warga lainnya,” pungkasnya.

Rio I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *