banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Perkuat DAD Agar Tidak Tergerus Jaman

Wakil Bupati Sanggau, sekaligus Ketua DAD Kabupaten Sanggau, Drs. Yohanes Ontot memberikan pengarahan pada Musyawarah Adat Dayak Tarakng di Kecamatan Balai Batang, Sabtu (15/2/2020).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Wakil Bupati Kabupaten Sanggau, Yohanes Ontot yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau meminta masyarakatnya memperkuat keberadaan lembaga DAD.  Ia mengimbau, masyarakat bersama DAD dapat beradaptasi dengan baik, agar peradaban orang Dayak tidak tergerus jaman dan mengalami kepunahan. Hal tersebut disampaikan Yohanes Ontot usai menghadiri Musyawarah Adat Dayak Tarakng di Kecamatan Balai Batang, Minggu (16/2).

Dikatakannya, tujuan Dewan Adat Dayak kedepan harus mampu menjalankan hubungan baik antara suku masyarakat adat Dayak, termasuk dengan masyarakat adat lainnya.

“Kita tidak boleh mengeksklusifkan diri. Kita harus mampu menjalin hubungan baik juga dengan pemerintah.Tujuan DAD ingin menjalin hubungan baik antar suku, masyarakat adat dan antar masyarakat adat yang lain, termasuk paguyuban dan pemerintah. Karena kita menyadari ada di tegah-tengah negara,” ujar Yohanes Ontot.

Yohanes Ontot kemudian mengapresiasi pemerintah yang telah memfasilitasi untuk menjadikan beberapa tempat sebagai hutan adat milik masyarakat Dayak. Dengan demikian, kata dia, masyarakat Dayak sudah ada memiliki hutan adat serta diakui oleh negara.

“Masyarakat dapat mencintai hutan dan hukum adat, dan mencintai kearifan lokal dengan memahami sesungguhnya bagaimana pola peradaban nenek moyang pada masa lalu.Saya berharap bagaimana tugas kita sebagai Dewan Adat Dayak masing-masing untuk menjaga lingkungan, pohon itu kalau tidak perlu di tebang jangan di tebang, dan kalau perlu di tanam pohon sebanyak mugkin” imbau Yohanes Ontot.

Lebih lanjut Yohane Ontot berpesan eksistensi dan keberadaan DAD bersama orang Dayak terus ada, dan dapat menjalankan tupoksinya sebagai wadah lembaga yang sesungguhnya, berdasarkan aturan negara.

“Musyawarah Adat Dayak Tarakng rutin dilakukan 5 tahun sekali. Dalam Musyawarah Adat Dayak tersebut dilakukanya pemilihan Ketua DAD Kecamatan Balai Periode 2020-2025 , di aula Pamong Desa Balai Batang Tarang pada Sabtu (15/2) kemarin,” jelasnya.

“Turut hadir Sekjen DAD Kabupaten Sanggau Urbanus, Pengurus DAD Provinsi Kaliamantan Barat Bidang Hubungan Internasional di Wakili Agustinus Clarus, Camat Balai Batang, Danramil, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Dapil 3 beserta Tokoh Adat,Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Adat Dayak Kecamatan Balai Batang Tarang,” jelasnya lagi.

Libertus I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *