banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Pemkab Landak Terima DIPA TA 2020 Sebesar Rp 1,274 triliun

Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa menerima DIPA dan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020 yang diberikan langsung Gubernur Kalimantan Barat, Selasa, 19/11/2019.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020 yang diberikan langsung Gubernur Kalimantan Barat dengan didampingi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kakanwil DJPb) Kalimantan Barat di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (19/11).

Pengalokasian TKDD tahun 2020 diarahkan untuk mendukung perbaikan kualitas layanan dasar publik, akselerasi daya saing, dan mendorong belanja produktif di daerah dengan rincian kebijakan TKDD seperti Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), DAK Non fisik, Dana Insentif Daerah, Dana Otonomi Khusus dan Dana Tambahan Infrastruktur, Dana Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Dana Desa serta anggaran TKDD tahun 2020 sebesar Rp 856,945 triliun yang terdiri dari Transfer ke Daerah sebesar Rp 784,945 triliun dan Dana Desa sebesar Rp 72 triliun.

Bupati Karolin menjelaskan, untuk DIPA dan Alokasi TKDD tahun 2020 Kabupaten Landak mendapatkan dana sebesar Rp 1,274 triliun dengan rincian Transfer ke Daerah sebesar Rp 1.088 triliun dan Dana Desa sebesar Rp 186 miliar, namun dana tersebut juga mengalami beberapa penurunan dan peningkatan diberbagai sektor.

“Kita baru saja menerima DIPA dari Pemerintah Pusat yang memang secara umum untuk DAU kita berkurang cukup signifikan yang membuat kita menjadi harus lebih efisien lagi dalam penganggaran. Namun ada sedikit peningkatan pada DAK yang jenis DAK dari pusat ini sangat beragam dan sepertinya ada beberapa penambahan, dan ini yang akan kita maksimalkan,” jelasnya saat diwawancarai awak media usai acara penyerahan DIPA.

Bupati Karolin menjelaskan Pemerintah Kabupaten Landak akan menyesuaikan program prioritas nasional sesuai dengan hasil Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dengan Presiden Republik Indonesia guna mensukseskan visi misi Indonesia 5 tahun kedepan.

“Kita juga akan menyesuaikan program prioritas nasional. Salah satunya adalah pembangunan dibidang pendidikan dan kesehatan, melanjutkan pembangunan infrastruktur, kemudian upaya untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan menigkatkan ekspor, ini yang menjadi perhatian kita,” paparnya.

Lebih lanjut Bupati Karolin menegaskan pihaknya akan terus menigkatkan program-program dibidang pertanian dan ketahanan pangan di Kabupaten Landak guna memberikan kesejahteraan masyarakat dan  memperkuat ketahanan pangan Kalimantan Barat.

“Seperti yang disampaikan Gubernur Kalimantan Barat, bahwa kami berupaya untuk terus meningkatkan produksi tanaman pangan selain dari padi, jagung dan beberapa produk alternatif akan terus kami kembangkan,” katanya.

“Karena wilayah Kabupaten Landak adalah wilayah pertanian, maka untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian, program pertanian dan perkebunan menjadi prioritas,” ujarnya.

Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *