banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Pemkab Landak Ajak Pelajar Lestarikan Permainan Tradisional

Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa berinteraksi dengan siswa-siswa pada peringatan Hari Anak Nasional di Landak, Kamis, 7/11/2019.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Ditengah perkembangan teknologi saat ini, Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa mengajak seluruh anak untuk kembali melestarikan permainan tradisional terutama permainan asli daerah.

Menurut Karolin, permainan anak tradisional saat ini perlu dikenalkan kepada anak-anak mengingat permainan tradisional seakan mulai ditinggalkan dan kurang dilestarikan. Hal itu disebabkan salah satunya yakni pesatnya perkembangan teknologi seperti smartphon, gadgate atau HP android,  yang telah mengubah gaya permainan anak-anak saat ini.

“Ditengah perkembangan teknologi saat ini saya mengajak anak-anak agar bisa mengenal dan melestarikan permainan tradisional yang merupakan permainan asli daerah kita, jadi jangan bisanya cuma main hp atau gadget saja,” ujar Karolin kepada seluruh siswa-siswi saat menghadiri deklarasi sekolah ramah anak di SMP Negeri 1 Ngabang, Kamis (7/11).

Bupati Karolin menyebut, banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh anak jika memainkan permainan tradisional, selain melatih kekompakan juga dapat melatih fisik anak mengingat kebanyakan permaian tradisional yang dimainkan memerlukan gerakan seluruh anggota tubuh yang sangat baik untuk perkembangan fisik anak.

“Kita mengenal permainan lompat tali, taba’, Galah asin, bakiak, kasti, gasing dan sebagainya, ini semua dapat melatih kekompakan dan fisik anak sehingga saya rasa perlu dikenalkan kepada anak-anak jaman sekarang, yang sebagian dari mereka tidak mengetahui permainan tradisional,” kata Karolin.

Lebih lanjut, Karolin mengatakan peran guru disekolah dan orang tua dirumah sangat diperlukan dalam mengenalkan permainan tradisional.

Mengingat saat ini, katanya, telah ada program belajar sehari diluar kelas bagi para siswa yang dapat diisi dengan memainkan permainan tradisional disekolah.Tentunya dengan bimbingan dan pengawasan guru.

“Program belajar sehari diluar kelas yang diterapkan sekolah bisa diisi dengan mengenalkan permainan tradisional kepada anak-anak, dengan begitu anak-anak selain bisa belajar dan melatih fisik juga akan dapat mengenal kondisi alam sekitarnya, ini juga merupakan salah satu jenis pembelajaran kepada anak untuk itu peran pendampingan guru sangat diperlukan serta dukungan orang tua yang memberikan batasan bermain gadget,” jelas Karolin.

Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *