HeadlineKilas Kalbar

Ini Analisis Dasarian I BMKG Mempawah

Potensi curah hujan bawah normal, jaga kebutuhan air.

triggernetmedia.com – Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Mempawah, Kalimantan Barat, Ismaharto Adi menyatakan analisis curah hujan di wilayah Kalimantan Barat pada dasarian III (tanggal 21-31) Oktober 2019 didominasi hujan kategori Rendah hingga Menengah.

“Sifat hujan pada dasarian III Oktober 2019 didominasi kategori Normal hingga Atas Normal,” katanya Rabu (6/11).

Ia menjelaskan monitoring hari tanpa hujan di Kalimantan Barat terpantau secara umum berada dalam kategori masih ada hujan hingga sangat pendek (1-5 Hari).

“Analisis hari tanpa hujan terpanjang terjadi di Kabupaten Mempawah, wilayah Anjungan, dan Sambas di wilayah BPP Sambas sepanjang 5 hari,” jelasnya.

Lebih lanjut Ismaharto memaparkan, analisis kondisi indeks Nino 3.4 terpantau sebesar +0.7 derajat selsius masih berada pada fase netral.

Sedangkan Indeks Dipole Mode terpantau sebesar +2.06 derajat selsius berada pada kondisi Dipole Mode Positif.

“Suhu permukaan laut di sekitar wilayah Kalimantan Barat secara umum menunjukan nilai normal berkisar antara -0.5 derajat selsius hingga 0.5 derajat selsius,” jelasnya lagi.

Secara umum, lanjutnya, curah hujan di wilayah Kalimantan Barat pada dasarian I (tanggal 1-10) November 2019 diprakirakan berkisar antara 40-90 mm/dasarian, dimana curah hujan Kalimantan Barat wilayah hulu diprakirakan yang lebih tinggi dibanding curah hujan di wilayah pesisir.

“Dari analisis kita, potensi hujan lebih rendah bila dibandingkan normalnya terjadi pada awal dasarian I November di sebagian wilayah Kalimantan Barat dan terus berlangsung hingga akhir dasarian I November ini,” katanya.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi, BMKG Mempawah, Kalimantan Barat, Ismaharto menyatakan potensi menurunnya curah hujan karena memasuki pacaroba diperkirakan terjadi di Kalimantan Barat.

“Kami imbau masyarakat untuk dapat mengantisipasi munculnya titik panas dan berkurangnya cadangan air untuk kebutuhan sehari-hari,” imbaunya.

Ariz

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close