banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Kemenkes RI Survei Akreditasi Puskesmas Semata

Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa bersama Tim Survei Kemenkes RI meninjau Puskesmas Semata untuk di akreditasi, Kamis, 24/10/2019.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa terus mendorong peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Landak, baik dari Puskesmas Pembantu, Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Landak.

Hal ini diwujudkan dengan banyaknya puskesmas yang sudah terakreditasi, bahkan saat ini RSUD Landak sudah menyandang akreditasi paripurna.

Selain itu, kini Puskesmas Semata juga mendapatkan Survei Akreditasi oleh tim survei akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Komisi Akreditasi Puskesmas, Kementerian Kesehatan RI.

Tim Survei Akreditasi Kemenkes RI itu melakukan kunjungan langsung ke Puskesmas Semata di Desa Amboyo Utara, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, sejak Kamis (24/10).

Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa menegadkan, Pemkab Landak sangat mendukung survei akreditasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2015 bahwa Puskesmas, klinik Pratama, tempat praktik mandiri dokter wajib terakreditasi.

“Dalam rangka melakukan pembangunan dibidang kesehatan dan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan, Saya sangat mendukung penilaian akreditasi ini. Harapan kita, dengan adanya akreditasi ini kita dapat mengetahui dimana letak kekurangan puskesmas ini dan akan menjadi catatan bagi saya dalam memberikan kebijakan terutama di bidang kesehatan,” ucap Karolin.

Bupati Karolin menyampaikan, saat ini untuk pelayanan kesehatan untuk puskesmas di Kabupaten Landak sudah sangat baik dan memenuhi standar pelayanan yang ditentukan.

“Saat ini Puskesmas di Kabupaten Landak sudah sangat layak dan memenuhi standar pelayanan kesehatan, baik dari segi gedung, fasilitas, tenaga kesehatan, serta pelayanan yang sangat lengkap salah satunya di Puskesmas Semata ini. Saya berharap seluruh Puskesmas di Kabupaten Landak yang tahun ada 6 Puskesmas yang terakreditasi dapat bisa lulus,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Survei Akreditasi FKTP Puskesmas Semata, Suprapto mengungkapkan bahwa Puskesmas Semata Kabupaten Landak ini merupakan contoh puskesmas terbaik yang ada di Indonesia, sehingga layak untuk di akreditasi.

“Akreditasi ini bertujuan untuk menyakinkan bahwa pelayanan kesehatan itu diberikan secara standar agar masyarakat terlindungi, petugasnya terlindungi guna meningkatkan kesejahteraan kesehatan di Indonesia. Untuk di Puskesmas Semata ini sangat layak untuk kita akreditasi dan ini tidak terlepas dari dukungan Bupati Landak yang sangat serius dan berkomitmen penuh dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat, saya berharap ini dapat di contoh untuk Kabupaten dan Kota di Indonesia,” jelas Suprapto.

Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *