banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Dubes AS, Joseph R Donovan Kunjungi Ketapang

banner 120x600

triggernetmedia.com – Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat, Joseph R Donovan beserta rombongan melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang. Dalam kunjungan tersebut Dubes AS mengaku belajar banyak dari program penanganan rabies di Kabupaten Ketapang dan berharap banyak daerah dapat mencontoh Ketapang dalam penanganan rabies, Kamis (3/10).

Dubes Amerika Serikat, Joseph R Donovan Jr, juga mengapresiasi atas sembutan hangat Bupati Ketapang beserta jajaran pada kunjungan pertama kalinya di Kabupaten Ketapang ini.

“Saya mengucapkan selamat atas penghargaan yang diterima Pemkab di Jakarta beberapa waktu lalu, tentu penghargaan itu tidak terlepas dari peran tim di Pemkab seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian dan peternakan atas kinerja mengatasi persoalan rabies dan penyebarannya di Ketapang,” katanya.

Ia menjelaskan, dari hasil diskusi bersama Bupati Ketapang, bahwa memang ada kendala-kendala dalam menangani dan memerangi  rabies di Ketapang.

Namun diakui pihaknya sangat senang, karena Pemerintah Amerika Serikat melalui Badan Bantuan Pembangunan Internasional AS (USAID) bisa membantu Pemkab Ketapang dalam memerangi dan menangani persoalan rabies ini.

Bahkan, menurutnya kerjasama yang dilakukan sangat penting terutama dalam kerangka kerjasama kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika Serikat, terlebih kalau tahun ini adalah ulangtahun ke-70 hubungan resmi antaran Indonesia dan AS.

“Program ini masih akan terus dilanjutkan, dan tentunya kami banyak belajar dari program ini. Mudah-mudahan pelajaran yang dapat kami petik dari program ini bisa kami sebar dan ditiru daerah-daerah lain di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Bupati Ketapang, Martin Rantan, mengaku senang atas kunjungan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat ke Kabupaten Ketapang. Menurutnya kedatangan Dubes Amerika dalam rangka melakukan pengecekan dan evaluasi program penanganan rabies.

“Karena Ketapang merupakan satu diantara Kabupaten yang menjadi pilot project dalam program ini,” ungkapnya usai menerima kunjungan Dubes Amerika, Kamis sore.

Ia melanjutkan, dalam kunjungan tersebut pihaknya sempat berdiskusi dengan Dubes Amerika Serikat yang mana pihak Dubes Amerika Serikat sendiri menyambut positif program penanganan rabies di Ketapang yang dinilai ditangani serius dan komprefehensif.

“Mereka menyampaikan terimakasih kepada kita dan kita akan pastikan pasca ini kita tetap akan tangani program-program penanganan persoalan ini termasuk dengan pembiayaan di Pendapatan Daerah,” tegasnya.

Sebelumnya, Pemda Ketapang menerima penghargaan dari Badan Bantuan Pembangunan Internasional AS (USAID) karena dianggap berhasil mengatasi persoalan virus rabies.

Jhon I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *