banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

120 Warga Perbatasan Jagoi Babang Menderita ISPA

banner 120x600

triggetnetmedia.com – Pelaksana Tugas (Plt). Kepala Puskesmas Seluas, Gimin mengungapkan beberapa pekan ini masyarakat banyak mendapatkan keluhan seputar kabut asap, diantara batuk, flu, dan sesak nafas.

“Sebanyak 120 orang terserang ISPA baik anak maupun dewasa,” ungkapnya, Kamis (19/9).

Sementara data yang di dapat dari Puskesmas Seluas jumlah kunjungan pasien untuk penyakit ISPA meningkat dari bulan sebelumnya. Kasus ISPA pada orang dewasa berjumlah 75 kasus pada anak berjumlah 45 kasus.

“Upaya Puskesmas Seluas untuk mencegah penyakit ISPA telah di lakukan dengan cara pemberian masker kepada masyarakat yang di mulai pada tanggal 16 September 2019 sampai sekarang sudah dibagikan masker 2 ribu helai,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat yang ada di Kecamatan Seluas mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Kita sarankan masyarakat untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat, gunakan masker, perbanyak minum air putih, perbanyak konsumsi buah dan sayur, cuci bersih dan masak makanan dengan baik,” imbau Gimin.

Gimin menyarankan jika ada masyarakat yang mengalami kesulitan bernafas atau gangguan kesehatan lainnya, agar segera ke Puskesmas Seluas ataupun pustu/poskesdes.

“Kita berharap, tidak ada lagi pembakaran hutan dan lahan di musim kemarau ini dan  pemerintah  harus menyediakan masker untuk dibagikan secara gratis kepada semua masyarakat yang terdampak kabut asap, dan melibatkan semua unsur masyarakat dalam menanggulangi kabut asap yang di akibatkan oleh Karhutla dan menindak tegas pelaku pembakar hutan dan lahan,” ujar Gimin.

Doe I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *