banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Muda : Urgensi Berkurban Wujud Kepekaan dan Kebersamaan

banner 120x600
triggerneymedia.com –  Sebanyak 35 ekor hewan kurban, terdiri dari 19 ekor sapi dan 16 ekor kambin dari jajaran Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah dihimpun Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kubu Raya. Hewan kurban tersebut disalurkan langsung oleh Pemerintah Kabupaten Kubu Raya pada hari Idul Adha 1440 H/2019 M, Minggu (11/8).
Dari 35 hewan kurban yang disalurkan ASN dilingkungan Pemkab Kubu Raya itu, 3 ekor  sapisapi 6 ekorekor kam disembelih di halaman Masjid Al Isra’ Kantor Bupati Kubu Raya. Sementara 16 ekor sapi dan 10 ekor kambing didistribusikan ke sembilan kecamatan di Kabupaten Kubu Raya.
Penyembelihan dilakukan usai salat Id dan disaksikan langsung Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dan Sekretaris Daerah Yusran Anizam.
“Alhamdulillah tentu kita bersyukur proses pengumpulan hewan kurban oleh seluruh jajaran ASN Pemerintah Kabupaten Kubu Raya di semua Satuan Kerja Perangkat Daerah berjalan maksimal,” ucap Muda Mahendrawan di sela kegiatan.
Muda mengatakan hewan kurban dari para ASN sangat membantu pemerintah daerah dalam upaya memberikan manfat kepada masyarakat. hal tersebut menggambarkan kian banyaknya umat muslim yang menyadari urgensi dari ritual ibadah kurban.
“Tentu keikhlasan dan pengurbanan semuanya menjadikan ini mudah-mudahan akan meringankan langkah pemerintah daerah. Karena Alhamdulillah bisa terkumpul hingga 19 sapi dan 16 kambing. Di hari-hari terakhir pengumpulan jumlahnya bertambah terus,” ujarnya.
Muda mengatakan banyak hikmah yang dapat diambil dari perayaan Hari Raya Idul adha. Di antaranya inspirasi untuk membangun kepekaan.
Karena itu, dirinya berharap umat muslim dan semua elemen daerah lainnya semakin banyak membangun kepekaan dan kepedulian.
“Bahwasanya kita tetap berjuang dalam pengorbanan dengan jejak langkah kita untuk saling membahagiakan sebagaimana visi Kabupaten Kubu Raya. Kita bersama-sama mengejar kebahagiaan dunia-ahirat dan insya Allah mudah-mudahan dengan kita menyelenggarakan ini kita juga ingin mewujudkan sisi religius yang juga menjadi visi Kubu Raya,” kata Muda.
Sebelumnya pada Jumat (9/8), telah dilakukan penyerahan hewan kurban secara simbolis dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya kepada perwakilan kecamatan.
Penyerahan dilakukan Asisten Perekonomian dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Kubu Raya Lugito di Ruang Rapat Pamong Praja I Kantor Bupati Kubu Raya.
Empat perwakilan kecamatan yakni Sungai Raya, Batu Ampar, Teluk Pakedai, dan Kubu.
“Semuanya sudah kita distribusikan di sembilan kecamatan,” sebut Lugito.
Lugito mengatakan, penyerahan hewan kurban dari pemerintah daerah kepada masyarakat melalui kecamatan dilakukan dengan tujuan memotivasi. Meski, menurut dia, secara umum umat muslim telah mengetahui keutamaan ibadah kurban.
“Tujuan kita ini hanya ingin memotivasi, pemerintah daerah memotivasi kepada masyarakat yang ada di kecamatan. Supaya mereka terdorong untuk melakukan ibadah pemotongan hewan kurban,” ucapnya.
Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengungkapkan penyebaran hewan kurban telah dilaksanakan sejak tanggal 9-10 Agustus. Ia juga menyebut hewan kurban di Kabupaten Kubu Raya telah melalui pemeriksaan yang dilakukan tim dari dinas terkait.
Rio I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *