banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

14 Desa Rawan Karhutla di Ketapang Terima Bantuan KLHK

banner 120x600

KETAPANG (triggernetmedia.com) – Sebanyak 14 desa yang rawan terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Ketapang mendapatkan bantuan. Bantuan berupa kendaraan roda dua serta pompa punggung manual dari Kementerian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu dalam mencegah atau meminimalisir Karhutla di desa-desa rawan kebakaran,” kata Kepala BPBD Provinsi Kalbar T.T.A Nyarong, Senin (14/1) di Ketapang.

Kepala BPBD Provinsi Kalbar, T. T. A. Nyarong, mengapresiasi atensi Menteri KLHK serta Direktur PKHL yang telah memberikan bantuan tersebut kepada desa-desa rawan karhutla di Kalbar.

“Pemberian bantuan operasional kepada perangkat desa ini merupakan upaya dalam pengendalian karhutla yang ada di Kalbar khususnya,” ujar dia.

Dari total 182 desa yang dianggap rawan karhulta, sebut T.T.A. Nyarong, hingga saat ini ada 80 desa yang sudah mendapat bantuan berupa kendaraan roda dua dan pompa punggung.

Kedepan diharapkan tak hanya KLHK yang memberikan bantuan,tetapi pihak-pihak terkait lain juga dapat memberikan bantuan.

“Terutama di desa-desa sisa yang belum mendapat bantuan,” kata T.T.A. Nyarong.

Kepala Desa Sungai Pelang Kecamatan Matan Hilir Selatan, Suandi yang menerima bantuan berharap bantuan yang didapat desanya bisa membantu dalam proses pengendalian karhutla diwilayahnya.

“Apalagi diwilayah kami gambutnya sangat luas sehingga rawan kebakaran. Dengan bantuan ini semoga bisa membantu kami mencegah dan meminimalisir karhulta,” harapnya.

Sementara, Kepala Manggala Agni Daops Ketapang, Rudi Windra Darisman mengungkapkan, ke-14 desa di Ketapang yang dianggap rawan karhutla dan mendapatkan bantuan itu diantaranya Desa Mekar Utama, Seriam Jaya, Pembedilan, Pangkalan Batu Kecamatan Kendawangan, Desa Kuala Satong dan Laman Satong Kecamatan matan Hilir Utara, Desa Sungai Pelang Kecamatan Matan Hilir Selatan, Desa Riam Danau Kanan Kecamatan Jelai Hulu, Desa Sungai Kelik Kecamatan Nanga Tayap, Desa Kualan Hilir, Desa Tumbang Titi Kecamatan Tumbang Titi, Desa Sungai Awan Kanan Kecamatan Muara Pawan, Desa Manis Mata Kecamatan Manis Mata dan Desa Randai Kecamatan Marau.

“Selain itu ada 5 Desa di Kayong Utara juga yang mendapatkan bantuan diantaranya Desa Kemboja Kecamatan Pulau Maya, Desa Sungai Mata–Mata dan Matan Jaya Kecamatan Simpang Hilir, Desa Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana dan Seponti Jaya Kecamatan Seponti,” jelas dia.

Pewarta : Jhon
Editor : Arizbroadcaster

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *