banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

GSC Bangun Kesehatan dan Pendidikan Kubu Raya

banner 120x600

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – Program Generasi Sehat Cerdas (GSC) yang dilaksanakan di Kabupaten Kubu Raya sejak tahun 2014 memberi banyak dampak positif dalam pelaksanaan pelayanan sosial dasar masyarakat. Khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

“Sudah 33 miliar rupiah Bantuan Langsung Masyarakat atau BLM untuk kegiatan bidang kesehatan dan pendidikan telah dikucurkan di lima lokasi target program GSC. Kecamatan Sungai Raya, Kakap, Terentang, Kubu, dan Batu Ampar,” kata Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kubu Raya, Tommy AS, saat membuka kegiatan Workshop Evaluasi Program GSC Kabupaten Kubu Raya di Gardenia Resort Kubu Raya, Selasa (18/12).

Tommy mengungkapkan program GSC bersifat open menu, di mana melalui mekanisme musyawarah desa dan musyawarah antar desa, masyarakat diberi kesempatan sebesar-besarnya untuk menentukan secara mandiri program dan kegiatan apa saja yang dirasa tepat untuk mengatasi permasalahan kesehatan dan pendidikan di desanya masing-masing.

“Khususnya yang berkaitan dengan ibu hamil, bayi, balita, dan anak usia sekolah,” ujarnya.

Tommy mengungkapkan seiring dengan program prioritas nasional dalam penanggulangan stunting atau gagal tumbuh, di tahun 2018 program GSC juga berfokus pada isu pencegahan dan penanggulangan stunting.

“Workshop ini juga dirangkaikan dengan forum rembuk stunting kabupaten. Diharapkan dapat menegaskan krusialnya permasalahan stunting dan bagaimana isu ini mendapatkan perhatian dari seluruh pihak,” sebutnya.

Tantangan yang harus disikapi segera oleh seluruh pelaku dan lintas sektor terkait saat ini adalah bagaimana melakukan penguatan kebijakan di tingkat kabupaten dan mendorong integrasi program pelayanan sosial dasar melalui perencanaan pembangunan di tingkat kabupaten dan desa.

“Untuk itu, perlu didorong penyusunan rencana aksi daerah terkait pelayanan sosial dasar,” kata Tommy.

Selain itu, lanjut Tommy, pentingnya advokasi kepada semua pemangku kepentingan mulai dari unsur kabupaten, kecamatan, hingga desa tentang pentingnya program pelayanan sosial dasar bagi masyarakat.

“Sehingga program ini dapat dirasakan lebih panjang dan luas oleh masyarakat,” ucapnya.

Sejalan dengan program prioritas nasional dalam penanganan stunting itu. Pemkab. Kubu Raya mengharapkan berbagai kegiatan GSC yang terkait dengan penanggulangan stunting yang selama ini telah dilaksanakan dapat dilanjutkan dengan dukungan lintas sektor.

Pewarta : Rio / Humas Pemkab. Kubu Raya
Editor : Arizbroadcaster

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *